home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sering Tak Disadari, Inilah Beberapa Makanan Yang Dapat Memicu Kanker Payudara

Jumat, 12 Juli 2019 17:00 by Rie127 | 1807 hits
Sering Tak Disadari, Inilah Beberapa Makanan Yang Dapat Memicu Kanker Payudara
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Kanker payudara merupakan salah satu kanker yang paling mematikan, dan berdampak pada 2,1 juta wanita setiap tahunnya. Pada tahun 2018, diperkirakan 627.000 wanita meninggal dunia karena kanker payudara, dan menyumbang sekitar 15 persen kasus kematian karena kanker pada wanita.

Namun, risiko terkena kanker payudara masih dapat dihindari jika kita menjaga pola makan dan menghindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu kanker payudara.

Dikutip dari Eat This, Not That! dan Prevent Breast Cancer, berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat memicu kanker payudara.

1. Makanan kaleng


Image Source: Liputan6

Lapisan pada kaleng, bisphenol-A (BPA), telah dikaitkan dengan kanker payudara. Karena BPA adalah estrogen sintetik, yang berarti meniru hormon, maka dari itu hal ini dapat mengganggu sistem hormon.

Bahkan, sebuah laporan tahun 2012 yang diterbitkan dalam Environmental Health Perspectives mengatakan bahwa BPA mampu mempromosikan pertumbuhan sel kanker payudara manusia di laboratorium.

2. Alkohol


Image Source : Ala Dokter

Terlalu banyak minum alkohol tidak hanya dapat meningkatkan risiko gagal jantung dan stroke, tapi juga dapat meningkatkan risiko kanker. Sebuah studi tahun 2015 dalam International Journal of Cancer melibatkan lebih dari 300.000 wanita dan menemukan bahwa risiko rata-rata seorang wanita yang didiagnosis terkena kanker payudara meningkat sebesar 4 persen dengan setiap tambahan minuman alcohol dalam sehari.

Penelitian ini juga menemukan bahwa semakin lama seorang wanita minum minuman beralkohol selama hidupnya, maka semakin besar risiko terkena kanker payudara, terutama jika minum minuman beralkohol sejak sebelum kehamilan pertamanya.

Baca juga: Kata Pakar Soal Bahasa Tubuh Kate Middleton Di Video Pengumuman Kankernya

3. Lemak jenuh


Image Source: BBC

Lemak jenuh kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit, salah satunya adalah kanker. Sebuah meta-analisis di tahun 2015, dari 52 studi yang diterbitkan dalam jurnal Medicine melaporkan bahwa wanita pasca menopause dengan asupan lemak jenuh tinggi memiliki risiko terkena kanker payudara lebih dari 30 persen dibandingkan dengan mereka yang memiliki lemah jenuh lebih sedikit.

4. Makanan hangus


Image Source: Hello Sehat

Pada saat memasak atau memanggang makanan, terutama daging dan ikan pada suhu tinggi untuk jangka waktu yang lama, proses memasak ini dapat mengubah protein makanan menjadi senyawa karsinogenik yang dikenal sebagai heterosiklik amina (HCA).

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi daging dengan tingkat kematangan yang tinggi memiliki risiko 4,62 kali lebih tinggi daripada wanita yang mengkonsumsi daging dalam jumlah yang sama dengan tingkat kematangan yang sedang.

5. Minuman bersoda


Image Source: Hello Sehat

Sebuah laporan yang diterbitkan di The Times mengklaim bahwa perempuan yang mengkonsumsi minuman bersoda memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker payudara dibandingan mereka yang tidak mengkonsumsi minuman bersoda.

Studi ini menunjukkan bahwa kadar gula yang tinggi yang terdapat dalam minuman bersoda merupakan faktor kunci yang diperkirakan dapat berperan dalam meningkatan risiko kanker payudara.

Dr Michelle Harvie, ahli diet penelitian di Genesis Breast Cancer Prevention, mengatakan, “Penelitian ini mendukung apa yang sudah kita ketahui tentang diet tinggi kalori, penambahan berat badan dan kanker payudara."

(Rie127)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)