SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Imbas Konflik dengan Jepang, Industri Teknologi Korea Selatan Terancam Krisis

Selasa, 09 Juli 2019 23:00 by zia92 | 1938 hits
Imbas Konflik dengan Jepang, Industri Teknologi Korea Selatan Terancam Krisis
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jepang baru saja membuat kebijakan yang nampaknya akan mengancam industri teknologi Korea Selatan. Negeri Sakura ini membatasi ekspor bahan kimia yang penting ke Negeri Ginseng, membuat tensi dua negara tetangga tersebut memanas.

Melansir dari Reuters, Jepang memperketat izin ekspor 3 material di mana mereka adalah produsen dominan. Yakni photoresist yang dipakai di industri semikonduktor, hydrogen fluoride yang penting dalam proses pembuatan chip dan fluorinated polymides yang digunakan di layar smartphone.

Dikatakan bahwa eksportir butuh izin yang bisa memakan waktu sampai 90 hari untuk mengirimkannya ke Korsel. Perusahaan Korsel yang butuh bahan krusial tersebut seperti Samsung dan SK Hnynix sedang mencoba membeli dari produsen alternatif di Taiwan atau China.

SK Hynix kabarnya telah mencari pemasok dari luar Jepang. Sedangkan Samsung melakukan berbagai langkah untuk meminimalisir pembatasan ekspor Jepang. Para pembuat chip asal Korsel khawatir kebijakan baru itu akan mengarah ke krisis.

Baca juga: Maraknya Budaya Korea di Asia Tenggara, Ini Kata ARASHI Soal K-pop

"Material tersebut bukan sesuatu yang bisa kami temukan di toko lain dan langsung bisa dibeli dengan cepat," kata sumber terkait, mengutip Detik. "Bahkan jika kami menemukan alternatif selain Jepang, kami harus melakukan tes untuk memastikan kualitasnya cukup bagus untuk membuat chip," imbuhnya.

Para pembuat chip Korsel bergantung pada Jepang untuk kebanyakan material pembuatan, walau mereka memasok sebagian hydrogen flouride dari China. Menurut analis, mereka saat ini punya stok sampai sekitar 4 bulan.

Pembatasan ini dinilai sebagai langkah balas dendam dari Tokyo karena pengadilan Korsel Oktober lalu, meminta Nippon Steel memberi kompensasi pada mantan buruh paksa saat Perang Dunia II. Jepang beragumen bahwa permasalahan itu sudah selesai saat kedua negara memulihkan hubungan diplomatik pada 1965.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Minuman boba memang menjadi salah satu minuman yang hits di kalangan milenial. Bahkan kamu dapat dengan mudah menemukan minuman boba dimana saja, seperti cafe, hingga mall. Sayangnya, dibalik rasanya yang manis, selain membahayakan bagi kesehatan, minuman ini dapat membahayakan nyawa konsumen....
  • HOT !
    Jeans adalah salah satu item fesyen wajib yang ada di kloset semua orang, selain mudah dikenakan, jeans juga bisa menjadi pilihan untuk kamu yang selalu ingin terlihat trendy!...
  • HOT !
    Akhir akhir ini performa timnas Indonesia menurun dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Akibatnya PSSI berencana untuk mengganti Simon McMenemy dari posisi pelatih....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)