SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tambah Satu Juta Kasus, Resiko Penyakit Seksual Naik di Tengah Tren Aplikasi Kencan

Jumat, 14 Juni 2019 17:00 by reinasoebisono | 3070 hits
Tambah Satu Juta Kasus, Resiko Penyakit Seksual Naik di Tengah Tren Aplikasi Kencan
Image source: Fortune

DREAMERS.ID - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mendapatkan temuan baru tentang hubungan antara tren aplikasi kencan dengan penyakit seksual yang menular. Karena perlu diketahui jika setiap harinya ada lebih dari satu juta kasus baru penyakit menular seksual.

Melansir CNN Indonesia, WHO menemukan ada lebih dari 376 juta kasus baru penyakit menular seksual seperti klamidia, trikominiasis dan sifilis di seluruh dunia pada 2016 lalu. Memang WHO mengatakan kekhawatiran penyebaran penyakit semacam ini karena kurang kemajuan dalam mengendalikannya.

Tapi salah satu pakar memperingatkan adanya komplikasi penyakit akibat meningkatnya aktivitas seksual yang berawal dari aplikasi kencan. Teodora Wi, seorang ahli kesehatan WHO mengungkapkan kekhawatiran akan menurunnya penggunaan kondom seiring dengan hilangnya rasa takut tertular HIV.

Aktivitas seksual tersebut banyak yang berawal dari mudahnya mengakses pertemuan dengan pasangan dengan aplikasi kencan. Teodora Wi mengatakan hal ini semakin berbahaya ketika seks jadi lebih mudah dikses melalui hal-hal seperti aplikasi kencan.

Baca juga: Kapok Pacaran dengan Selebriti, Ben Affleck Cari Jodoh Lewat Aplikasi Kencan

"Kita melihat kurangnya kemajuan dalam menghentikan penyebaran infeksi menular seksual di seluruh dunia," kata Peter Salama, direktur eksekutif WHO untuk Universal health Coverage. 

Menurut WHO, infeksi menular seksual atau IMS ini dianggap sebagai epidemi yang jarang menunjukkan gejalanya sejak dini. Karena itulah, orang sering tak tahu jika mereka telah terinfeksi dan butuh perawatan, padahal hal itu menular.

"Kami menganggap ini sebagai epidemi tersembunyi, epidemi diam-diam, epidemi berbahaya," kata Melanie Taylor, pakar WHO lainnya.

Karena epidemi tersembunyi itulh, WHO mengatakan jika penting bagi mereka yang aktif secara seksual untuk melakukan skrining IMS, terutama merekomendasikan agar wanita hamil secara sistematis diperiksa untuk sifilis, serta HIV.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Kerja sama Samsung dengan BTS tak sebatas sebagai brand ambassador dan model iklan. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini juga siap merilis smartphone edisi spesial BTS khusus untuk para fans dalam waktu dekat....
  • HOT !
    Sebelumnya pada awal Mei, beberapa museum dan tempat wisata di Korea Selatan mulai dibuka untuk wisatawan. Namun setelah itu muncul kasus kasus infeksi virus corona baru di sejumlah wilayah, yang akhirnya menyebabkannya ditutup kembali....
  • HOT !
    Sudah sekitar dua bulan seak diberlakukannya kampanye #dirumahaja, di mana oarang orang diminta untuk tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran Covid 19. Kebiasaan pun mulai berubah dan perlahan menjadi ‘New Normal’ bagi semua orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : indiraptrf
Cast : Catherine(oc), Kim Woojoong, Park Chanyeol, Park Jiyeon.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)