SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

Rabu, 05 Juni 2019 13:00 by zia92 | 1891 hits
Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran
Image source: thejakartapost

DREAMERS.ID - Ada perubahan gaya hidup yang cukup signifikan saat seseorang menjalani ibadah puasa, seperti pola makan dan tidur yang berubah. Namun setelah Lebaran, orang-orang akan kembali ke kehidupan normal seperti sebelum puasa.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan saat Ramadhan yang sebaiknya dipertahankan meski sudah tidak berpuasa lagi karena manfaat kesehatannya bagi tubuh. Berikut adalah beberapa diantara kebiasaan baik tersebut, melansir Detik.

Sepanjang bulan Ramadhan, pola makan dan tidur seseorang misalnya bisa jadi lebih teratur. Hal ini karena saat itu jam kerja lebih singkat dan aturan berpuasa membuat orang-orang secara otomatis membatasi asupan makanan.

Dampaknya ke tubuh dengan istirahat yang cukup maka seseorang bisa menjadi lebih bugar. Sementara dengan membatasi asupan makanan maka berat badan jadi lebih terjaga terhindar dari risiko obesitas dan penyakit yang menyertainya.

Baca juga: Gampang Marah Ketika Lapar, Ternyata Ada Alasannya Lho!

dr Fajar Pradhana Putra dari Rumah Sakit Tentara (RST) dr Reksodiwiryo mengatakan dua kebiasaan baik tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena berdampak pada metabolisme tubuh. "Jadi pertahankan hal itu di bulan-bulan berikutnya agar kebugaran bisa lebih baik lagi. Jangan takut untuk membiasakan kembali berpuasa di luar bulan Ramadan diimbangi dengan olahraga yang cukup," kata dr Fajar.

Namun lain ceritanya kalau seseorang justru malas-malasan selama bulan Ramadhan karena memiliki lebih banyak waktu. Untuk orang seperti itu dr Fajar menyarankan agar ketika kembali ke aktivitas sehari-hari ia lebih rajin berolahraga menggerakkan tubuhnya.

"Lain jika saat bulan puasa kebanyakan ibadah tidurnya dibanding olahraga. Efek yang akan didapat pascapuasa justru mengganggu kesehatannya. Bisa karena efek lemak menumpuk, tidur terlalu lama, dan kebugaran tubuh itu sendiri," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Pada (10/10) Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto megalami kejadian yang membuatnya harus dirawat di rumah sakit akibat tragedi penusukan di bagian perut oleh orang tak dikenal ketika berkunjung di Pandeglang, Banten....
  • HOT !
    Maraknya aplikasi pesan online membuat Whatsapp selalu memberikan inovasi terhadap fitur aplikasinya. Bukan hanya mengirim teks, tetapi kini Whatsapp juga sudah dapat mengirimkan beberapa file video, foto, dokumen, bahkan website....
  • HOT !
    Coklat menjadi salah satu jenis makanan yang disukai banyak orang, dari segala kalangan dan segala usia. Coklat seperti makanan wajib bagi para pecintanya. Jika kamu sedang berwisata ke Seoul, ada baiknya mencoba olahan coklat dari kafe Cacao Dada....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NeciJoiz
Cast : -Kim Jong In a.k.a Kai -Lee Taemin -Im Ji Yoon -Lee Gi Kwang -Choi Minho -Kim Woo Bin -Choi Min

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)