SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

Rabu, 05 Juni 2019 13:00 by zia92 | 1881 hits
Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran
Image source: thejakartapost

DREAMERS.ID - Ada perubahan gaya hidup yang cukup signifikan saat seseorang menjalani ibadah puasa, seperti pola makan dan tidur yang berubah. Namun setelah Lebaran, orang-orang akan kembali ke kehidupan normal seperti sebelum puasa.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan saat Ramadhan yang sebaiknya dipertahankan meski sudah tidak berpuasa lagi karena manfaat kesehatannya bagi tubuh. Berikut adalah beberapa diantara kebiasaan baik tersebut, melansir Detik.

Sepanjang bulan Ramadhan, pola makan dan tidur seseorang misalnya bisa jadi lebih teratur. Hal ini karena saat itu jam kerja lebih singkat dan aturan berpuasa membuat orang-orang secara otomatis membatasi asupan makanan.

Dampaknya ke tubuh dengan istirahat yang cukup maka seseorang bisa menjadi lebih bugar. Sementara dengan membatasi asupan makanan maka berat badan jadi lebih terjaga terhindar dari risiko obesitas dan penyakit yang menyertainya.

Baca juga: Berat Badan Turun tapi Lemak Masih Betah di Pipi dan Dagu? Ini Penyebabnya

dr Fajar Pradhana Putra dari Rumah Sakit Tentara (RST) dr Reksodiwiryo mengatakan dua kebiasaan baik tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena berdampak pada metabolisme tubuh. "Jadi pertahankan hal itu di bulan-bulan berikutnya agar kebugaran bisa lebih baik lagi. Jangan takut untuk membiasakan kembali berpuasa di luar bulan Ramadan diimbangi dengan olahraga yang cukup," kata dr Fajar.

Namun lain ceritanya kalau seseorang justru malas-malasan selama bulan Ramadhan karena memiliki lebih banyak waktu. Untuk orang seperti itu dr Fajar menyarankan agar ketika kembali ke aktivitas sehari-hari ia lebih rajin berolahraga menggerakkan tubuhnya.

"Lain jika saat bulan puasa kebanyakan ibadah tidurnya dibanding olahraga. Efek yang akan didapat pascapuasa justru mengganggu kesehatannya. Bisa karena efek lemak menumpuk, tidur terlalu lama, dan kebugaran tubuh itu sendiri," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Dampak buruk dari ‘Binge Watching’ memang berbahaya bagi kesehatan dan juga perilaku sosial. Karenanya kita harus bisa membiasakan diri untuk menghindari dampak negatif tersebut....
  • HOT !
    Meski tak bisa dikatakan akan segera rilis dalam waktu dekat, namun game terbaru yang menampilkan BTS sudah membuat fans sangat penasaran, terlebih setelah teaser pertamanya dirilis....
  • HOT !
    Salak merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah dengan nama latin salacca zalacca ini, memiliki rasa yang enak dan juga unik, selain itu terdapat beberapa jenis salak, seperti salak Bali, salak pondoh, dan salak gula pasir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)