SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

Rabu, 05 Juni 2019 13:00 by zia92 | 1904 hits
Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran
Image source: thejakartapost

DREAMERS.ID - Ada perubahan gaya hidup yang cukup signifikan saat seseorang menjalani ibadah puasa, seperti pola makan dan tidur yang berubah. Namun setelah Lebaran, orang-orang akan kembali ke kehidupan normal seperti sebelum puasa.

Sebenarnya, ada beberapa kebiasaan saat Ramadhan yang sebaiknya dipertahankan meski sudah tidak berpuasa lagi karena manfaat kesehatannya bagi tubuh. Berikut adalah beberapa diantara kebiasaan baik tersebut, melansir Detik.

Sepanjang bulan Ramadhan, pola makan dan tidur seseorang misalnya bisa jadi lebih teratur. Hal ini karena saat itu jam kerja lebih singkat dan aturan berpuasa membuat orang-orang secara otomatis membatasi asupan makanan.

Dampaknya ke tubuh dengan istirahat yang cukup maka seseorang bisa menjadi lebih bugar. Sementara dengan membatasi asupan makanan maka berat badan jadi lebih terjaga terhindar dari risiko obesitas dan penyakit yang menyertainya.

Baca juga: Masih Suka Konsumsi Minuman Berpemanis dan Berkarbonasi? Simak Lagi Bahaya

dr Fajar Pradhana Putra dari Rumah Sakit Tentara (RST) dr Reksodiwiryo mengatakan dua kebiasaan baik tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena berdampak pada metabolisme tubuh. "Jadi pertahankan hal itu di bulan-bulan berikutnya agar kebugaran bisa lebih baik lagi. Jangan takut untuk membiasakan kembali berpuasa di luar bulan Ramadan diimbangi dengan olahraga yang cukup," kata dr Fajar.

Namun lain ceritanya kalau seseorang justru malas-malasan selama bulan Ramadhan karena memiliki lebih banyak waktu. Untuk orang seperti itu dr Fajar menyarankan agar ketika kembali ke aktivitas sehari-hari ia lebih rajin berolahraga menggerakkan tubuhnya.

"Lain jika saat bulan puasa kebanyakan ibadah tidurnya dibanding olahraga. Efek yang akan didapat pascapuasa justru mengganggu kesehatannya. Bisa karena efek lemak menumpuk, tidur terlalu lama, dan kebugaran tubuh itu sendiri," pungkasnya.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 akan berjalan sesuai rencana meskipun penyebaran virus corona masih terjadi di Negeri Ginseng ini. Acara mode terbesar di Seoul itu akan diadakan di Dongdaemun Design Plaza (DPP) antara 16 dan 21 Maret. Namun, beberapa show yang direncanakan diadakan di luar gedung akan dibatalkan....
  • HOT !
    Namsan Tower memang dikenal sebagai salah destinasi terbaik turis saat datang ke Korea Selatan. Biasanya, warga lokal atau turis datang ke tempat ini untuk mengabadikan foto. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba mengeksplor lingkungan sekitar Namsan Tower, seperti restoran berikut ini....
  • HOT !
    Selalu tampil modis dan sering hadir di acara fashion show, Lisa menjadi salah satu idola K Pop yang tak jauh dari dunia mode. Rapper BLACKPINK ini juga dikenal karena selera fashion nya yang unik. Dan baru baru ini, Lisa dikabarkan bakal punya clothing line nya sendiri!...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : deliaangela
Cast : Im Hyuna, Cho Kyuhyun, Lee Sungmin, Shim Changmin dan member Super Junior

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)