SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik

Selasa, 04 Juni 2019 10:00 by zia92 | 1459 hits
Tips Hemat Baterai Smartphone Saat Mudik
Image source: Oppo

DREAMERS.ID - Kehabisan daya baterai pada smartphone bisa menjadi mimpi buruk’ bagi siapapun. Meskipun saat ini banyak produsen yang meluncurkan smartphone dengan kapasitas baterai yang besar, tapi kemungkinan mengalami kehabisan baterai di tempat tak terduga selalu ada, misalnya saat mudik.

Perjalanan mudik yang biasanya menghabiskan waktu berjam-jam bahkan seharian membuat banyak orang kadang harus membawa powerbank, apalagi bagi pemudik yang tak menggunakan kendaraan pribadi yang bisa langsung men-charge. Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar baterai smartphone menjadi lebih awet, seperti berikut ini:

1. Tutup aplikasi yang jarang dipakai

Membuka aplikasi yang jarang dipakai namun tetap berjalan di background akan memakan banyak daya baterai. Jadi pastikan untuk menutupnya setelah selesai digunakan, kecuali jika aplikasi tersebut benar-benar sering dibuka atau digunakan.

2. Matikan fitur getar

Fitur getar terkadang dapat sangat membantu apabila ada panggilan telepon atau pesan yang masuk pada saat pengguna sedang rapat atau di tempat lain yang membutuhkan ponsel dalam keadaan silent. Namun, sebenarnya fitur getaran ini membutuhkan daya baterai lebih banyak dibandingkan ringtone biasa.

3. Jangan streaming

Kurangi kegiatan streaming apabila tidak ingin baterai habis dengan cepat. Menonton video atau mendengarkan musik secara online akan ‘memaksa’ sistem ponsel terus bekerja dan akhirnya membuat baterai cepat habis.

4. Redupkan layar

Baca juga: Hanya Dijual Online, Oppo K3 Punya Banyak Fitur Unggulan dengan Harga Terjangkau!

Trik lain yang bisa menghemat daya baterai adalah dengan mengatur brightness pada layar. Seperti yang diketahui, semakin cerah tampilan layar, maka semakin cepat baterai habis. Oleh karena itu, redupkan atau matikan layar apabila sedang tidak digunakan.

5. Baterai Saver

Melalui battery saver, smartphonemu bisa secara otomatis “menidurkan” sementara untuk aplikasi-aplikasi yang sebenarnya tidak digunakan pada hari tersebut. Jadi, mesin smartphone baru bekerja saat kamu mengoperasikan aplikasi saja.

6. Hindari temperatur ekstrem

Jika kamu sedang berada di udara yang sangat terik, maka simpanlah smartphone di dalam tas saja agar tetap sejuk. Temperatur ekstrem entah itu terlalu panas ataupun terlalu dingin, bisa menyebabkan smartphone cepat boros.

7. Airplane Mode

Inilah salah satu cara paling efektif dan mungkin paling banyak diterapkan oleh orang-orang. Pada mode airplane, smartphonemu ini seperti kondisi “sleep” sehingga bisa beristirahat dan baterai pun tak berkurang. Kamu dapat menonaktifkannya sesekali jika perlu untuk menelpon atau menggunakan media sosial.

Kamu wajib pintar-pintar dalam mengatur bagaimana trik atau cara menghemat baterai smartphone kamu agar tetap awet sepanjang hari. Jika ada kesempatan untuk mengisi ulang daya baterai, sebaiknya dimanfaatkan.

Akan lebih baik jika smartphone-mu memiliki teknologi fast charging seperti Oppo F11 dengan teknologi VOOC 3.0. Ini dapat mengatur tegangan tinggi sewaktu melakukan tickle charging, sehingga mempersingkat waktu pengisian secara keseluruhan hingga 20 menit, yang berarti F11 series dapat diisi penuh dalam waktu 80 menit.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Dampak buruk dari ‘Binge Watching’ memang berbahaya bagi kesehatan dan juga perilaku sosial. Karenanya kita harus bisa membiasakan diri untuk menghindari dampak negatif tersebut....
  • HOT !
    Meski tak bisa dikatakan akan segera rilis dalam waktu dekat, namun game terbaru yang menampilkan BTS sudah membuat fans sangat penasaran, terlebih setelah teaser pertamanya dirilis....
  • HOT !
    Salak merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah dengan nama latin salacca zalacca ini, memiliki rasa yang enak dan juga unik, selain itu terdapat beberapa jenis salak, seperti salak Bali, salak pondoh, dan salak gula pasir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)