SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Bersiap Mudik Lebaran, Simak Tipsnya Agar Puasa tetap Lancar Saat di Perjalanan

Rabu, 29 Mei 2019 23:00 by zia92 | 1882 hits
Bersiap Mudik Lebaran, Simak Tipsnya Agar Puasa tetap Lancar Saat di Perjalanan
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Puasa hanya tinggal seminggu lagi dan sebagian rutinitas orang sudah berubah dengan disibukkan persiapan libur panjang maupun mudik Lebaran. Saat perjalanan mudik menuju kampung halaman ini, kondisi tubuh tentunya harus fit agar ibadah puasa pun tetap lancar. Jangan karena tubuh tidak bugar, puasa menjadi batal saat melakukan perjalanan mudik.

Nah ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika harus mudik dalam kondisi berpuasa. Tips utamanya tentu saja tidak melewatkan makan sahur dan berbuka puasa, serta cukup tidur dengan bergantian saat menyetir. Berikut tips lain yang tak kalah pentingnya.

1. Sedia obat
Agar selama perjalanan tetap sehat, jangan lupa sediakan obat, terutama bagi pasien penyakit kronis. Sediakan pula obat-obat untuk pertolongan pertama bagi penyakit yang rentan menyerang saat mudik seperti diare, sakit kepala, maag hingga mabuk perjalanan.

2. Hindari menahan buang air
Dalam perjalanan mudik, hindari menahan buang air khususnya buang air kecil. Karena menahan buang air kecil justru dapat menyebabkan infeksi saluran kencing, yang berisiko mengganggu kegiatan puasa selama perjalanan.

Baca juga: Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

3. Perjalanan malam
Bagi yang ingin tetap berpuasa saat mudik, sebaiknya pilih perjalanan malam hari. Selain jalanan yang lebih lengang, kamu juga bisa terhindar dari panas matahari dan mengurangi risiko dehidrasi.

4. Hindari makanan pedas
Saat berbuka atau sahur sebelum melakukan perjalanan mudik, sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan pedas atau asam. Karena jika dibiarkan, risiko mulas dan kerap buang air akan mengintai sehingga mengganggu puasa selama perjalanan.

5. Cek kesehatan
Sebelum berangkat mudik, disarankan untuk memeriksakan kesehatan terlebih dahulu, terutama bagi yang memiliki keluhan penyakit. Di perjalanan pun jangan ragu untuk berhenti di pos kesehatan supaya masalah kesehatan tidak berubah jadi fatal.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Setelah resmi memperkenalkan perangkat Reno2 Series beberapa waktu yang lalu, Oppo akhirnya menggelar penjualan perdana untuk salah satu varian, Reno2 F pada 18 hingga 20 Oktober. Penjualan dilakukan serentak di lima kota, yaitu Jakarta, Bekasi, Surabaya, Medan dan Bali....
  • HOT !
    Jika umumnya garam yang digunakan untuk memasak adalah garam putih, saat ini garam pink atau garam Himalaya mulai menjadi tren dikalangan anak muda dan ibu ibu....
  • HOT !
    Jika biasanya banyak wisatawan yang berlibur ke Korea Selatan lebih suka mengunjungi tempat tempat yang Instagramable atau berburu produk produk langka yang hanya di jual di Korea, Nah! Khusus untuk kamu yang suka wisata unik, wajib sekali untuk mengunjungi Festival Lumpur Boryeong Korea!...

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : LauraLMP
Cast : TVXQ (Yunho - Changmin) and Blue Razeilly, Dean, Twins Hyran-Kyran (OC)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)