SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kunjungi Empat Masjid Unik di Sekitar Jalur Pantura di Momen Mudik Tahun Ini!

Rabu, 05 Juni 2019 10:00 by reinasoebisono | 2294 hits
Kunjungi Empat Masjid Unik di Sekitar Jalur Pantura di Momen Mudik Tahun Ini!
Image source: Istimewa

DREAMERS.ID - Tradisi mudik Lebaran 2019 telah berjalan bahkan sejak minggu lalu. Masyarakat Indonesia biasa memanfaatkan momen libur panjang ini untuk mengunjungi dan bersilaturahmi dengan keluarga besar di kampong halaman.

Dan jalur favorit salah satunya yang sering dilintasi masyarakat adalah jalur Pantai Utara atau Pantura. Tapi jika melewati jalur yang cukup panjang, tentu butuh lokasi untuk beristirahat atau bagi yang muslim membutuhkan masjid yang nyaman untuk singgah dan beristirahat sejenak. Berikut adalah beberapa masjid unik di sekitar jalur Pantura yang cocok pula untuk berwisata religi bersama keluarga.

Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid yang cukup luas ini memiliki luas 10 hektar dan memiliki arsitektur yang dikombinasikan secara apik. Mulai dari arsitektur Jawa, Romawi, Yunani hingga Islam dengan 6 payung elektronik berukuran raksasa. Serta tower tinggi hamper mencapai 100 meter.

Masjid dengan 25 pilar bergaya koloseum Athena di Roma ini beralamat di Jalan Gajah Raya Semarang, Jawa Tengah.

Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak ini memiliki bentuk yang khas termasuk tiang-tiang ukiran yang memiliki bentuk menarik sebagai penyangganya. Ada juga dua bedug besar berukuran 3.5 x 2.5 meter. Masjid ini memiliki 5 pintu yang bermakna lima rukun Islam.

Baca juga: 'I Love You 3000'! Yuk Intip Rumah Peristirahatan Tony Stark 'Avengers: Endgame' yang Kini Disewakan

Di sekeliling lingkungan masjid terdapat komplek makam raja-raja Demak terdahulu seperti Sultan Demak 1 Raden fatah beserta istri dan putranya. Masjid Agung Demak beralamat di Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, KEcamatan Demak, Jawa Tengah.

Masjid Menara Kudus

Rumah ibadah kuno ini juga memiliki bentuk yang tak kalah unik. Dibangun oleh Sunan Kudus sejak tahun 1549 masehi atau sekitar 956 hijriah, lokasinya berada di Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus Jawa Tengah, melansir Kompas.

Masjid ini sekilas terlihat kecil dari tampak depan, namun dalamnya ternyata cukup luas. Pintu masuk makam terletak di sebelah kanan masjid. Kemudian ada jalan kecil di mana pengunjung akan melalui pintu kedia memasuki komplek yang di dalamnya terdapat pondokan-pondokan.

Masjid Aschabul Kahfi

Masjid yang teeletak di Jalan Gedungombo, Semanding, Tuban ini juga sangat popular di kalangan pemudik, terutama yang ingin berziarah di sekitar jalur Pantura. Arsitekturnya begitu mencolok dengan paduan warna-warna terang dengan kombinasi antara ukuran kaligrafi Arab dan aksara Jawa.

(rei)

  • HOT !
    Korea Selatan menjadi salah satu negara yang terkenal memiliki sejumlah kuliner menarik dan unik. Tidak hanya makanan besar tetapi juga berbagai macam dessert yang disulap menjadi varian baru, yang tentunya akan menggugah selera kalian....
  • HOT !
    Dengan maraknya hoax atau berita bohong dan ujaran kebencian yang menyebar melalui media sosial dan grup percakapan, Polri menegaskan akan menggalakkan patroli siber. Siapa pun bisa dijerat pidana jika terbukti menyebarkan hoax dan ujaran kebencian....
  • HOT !
    Oppo resmi meluncurkan Oppo Reno Series di Indonesia pada 17 Juni yang hadir dalam dua varian, yaitu Reno dan Reno 10x Zoom. Perangkat high end terbaru Oppo ini menggabungkan teknologi terkini dan kemampuan fotografi mengesnakan dalam sebuah desain unik yang memesona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)