SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Beri Banyak Manfaat, Ternyata Libur Panjang Juga Mengancam dan Timbulkan Efek Negatif

Selasa, 28 Mei 2019 14:15 by reinasoebisono | 1181 hits
Beri Banyak Manfaat, Ternyata Libur Panjang Juga Mengancam dan Timbulkan Efek Negatif
Image source: Phinemo

DREAMERS.ID - Cuti bersama dalam rangka libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini telah diumumkan oleh pemerintah. Libur yang cukup panjang dengan cuti bersama tanggal 3, 4, dan 7 Juni. Sedangkan bagi Aparat Sipil Negara, total ada 11 hari libur selama Lebaran.

Mengutip Detik, libur panjang memang sering memberi dampak positif, terutama untuk mereka yang memiliki kesibukan tinggi dalam aktivitas kesehariannya. Belum lagi kerja di bawah tekanan dan target, memerlukan penyegaran dengan belibur sejenak.

Relaksasi dan melepas rasa rindu juga dipercaya mampu mengembalikan tenaga dan mood baik untuk dirasakan bagi mereka yang tinggal jauh dari kampung halaman melalui tradisi yang hanya ada di Indonesia, mudik.

Namun menurut laporan dari situs University of New Mexico (UNM), libur panjang ternyata juga bisa memberi resiko stres dan datangnya bukan dari hal yang besar. Melainkan dari hal atau kegiatan sehari-hari.

Baca juga: Makin Lengket, Vanessa Angel Kepergok Liburan di Bali Bareng Bibi

Stres berawal dari tekanan untuk menyusun rencana liburan sesempurna mungkin. Liburan yang baik, efektif dan lancar sampai terwujud di hari H bisa menimbulkan stres. Tekanan ini juga bisa berasal dari biaya liburan yang terus meningkat, dana yang rasanya tak pernah cukup hingga ‘kewajiban’ banyaknya saudara atau teman yang harus diberi oleh-oleh.

Tapi jangan khawatir, harusnya efek stres dari libur panjang tentu bisa diantisipasi sejak dini. Caranya adalah tidak perlu berharap semua rencana menjadi kenyataan. Rencana yang lebih bersifat tradisi atau basa-basi semata tak perlu jadi prioritas selama liburan.

Masa istirahat yang panjang sebaiknya digunakan untuk aktivitas yang menyenangkan bersama orang terdekat. Sehingga saat kembali masuk kerja nantinya, diharapkan fisik dan mental telah kembali optimal dan bugar.

 

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Pada 19 September malam, brand perhiasan Cartier mengadakan pesta bertajuk ‘Juste un Clou’ di Seoul, Korea Selatan. Acara tersebut dihadiri oleh deretan selebriti ternama, baik dari kalangan idola K Pop maupun aktor....
  • HOT !
    Cuka apel merupakan salah satu produk berbahan alami yang diyakini dapat mengatasi masalah jerawat hingga menghilangkan bekas jerawat. Namun, benarkah bahwa cuka apel dapat mengatasi masalah jerawat?...
  • HOT !
    Media sosial menjadi heboh karena sebuah video viral memperlihatkan dua ibu ibu yang terlihat seperti sedang di tengah suasana ‘kondangan’ pernikahan. Reaksi netizen pun beragam, bahkan ada yang yakin jika hal tersebut adalah setting an....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AfifahCahyani
Cast : Koo Junhoe & Park Della

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)