SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

Senin, 20 Mei 2019 15:36 by zia92 | 805 hits
Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa
Image source: fidelitydiary

DREAMERS.ID - Bau mulut adalah salah satu hal yang paling dikhawatirkan saat menjalankan ibadah puasa. Keringnya mulut karena produksi air liur berkurang membuat bakteri dalam mulut cepat berkembang dan menyebabkan bau.

Namun jangan jadikan masalah bau mulut ini menghalangi kegiatanmu sehari-hari. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan agar nafas tetap segar selama menjalankan ibadah puasa.

1. Makan makanan sehat saat sahur
Selalu lengkapi makan sahur dengan buah-buahan sayuran segar. Hal ini akan membuat mulut lebih segar dan bisa membersihkan gigi secara alami dari plak-plak di gigi.

2. Bilas mulut dengan baking soda
Campurkan ¼ cangkir baking soda dan 2 sdm perasan lemon dalam air untuk membilas mulut setelah makan sahur. Ini akan membunuh bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau.

3. Berkumur dengan air cengkeh
Rebus beberapa butir cengkeh dan segelas air lalu setelah mendidih biarkan dingin. Saat waktu sahur, gunakan air rebusan itu untuk berkumur setelah makan. Air ini juga bisa digunakan untuk berkumur di siang hari namun ingat jangan ditelan ya Dreamers.

Baca juga: Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

4. Hindari konsumsi bawang mentah
Mengkonsumsi makanan yang mengandung bawang merah dan bawang putih bisa menyebabkan bau mulut bahkan baunya masih ada meski sudah menggosok gigi. Jadi sebisa mungkin hindari mengkonsumsi makanan ini apalagi sebagai menu sahur.

5. Hindari olahan keju
Keju juga bisa menyebabkan bau mulut di siang hari. Namun untuk mengurangi bau mulut yang ditimbulkan, setelah makan keju saat sahur sebaiknya menyesap lemon dengan garam.

6. Minum banyak air
Saat mulut kering atau dehidrasi, bakteri akan lebih cepat berkembang. Jadi usahakan minum banyak air saat malam hari dan saat sahur untuk mengurangi dehidrasi yang akan menimpa tubuh.

7. Gosok gigi tanpa pasta gigi di siang hari
Untuk membuat mulut tetap segar, kamu bisa menggosok gigi di siang hari namun tidak perlu menggunakan pasta giginya. Cukup menggosokkan sikat gigi seperti biasa namun tanpa odol atau pasta gigi.

8. Karbohidrat baik saat sahur
Puasa dapat mengakibatkan pembentukan keton dalam tubuh jika tidak cukup mengkonsumsi karbohidrat. Keton ini akan menyebabkan bau tak sedap dari mulut. Sumber karbohirat yang baik untuk sahur diantaranya pisang, gandum, dan biji-bijian.

(fzh)

  • HOT !
    Korea Selatan menjadi salah satu negara yang terkenal memiliki sejumlah kuliner menarik dan unik. Tidak hanya makanan besar tetapi juga berbagai macam dessert yang disulap menjadi varian baru, yang tentunya akan menggugah selera kalian....
  • HOT !
    Dengan maraknya hoax atau berita bohong dan ujaran kebencian yang menyebar melalui media sosial dan grup percakapan, Polri menegaskan akan menggalakkan patroli siber. Siapa pun bisa dijerat pidana jika terbukti menyebarkan hoax dan ujaran kebencian....
  • HOT !
    Oppo resmi meluncurkan Oppo Reno Series di Indonesia pada 17 Juni yang hadir dalam dua varian, yaitu Reno dan Reno 10x Zoom. Perangkat high end terbaru Oppo ini menggabungkan teknologi terkini dan kemampuan fotografi mengesnakan dalam sebuah desain unik yang memesona....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : HeoMicha
Cast : Produce 101 season 1 & 2

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)