home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Puasa Tetap Lancar, Yuk Ikuti Panduan Santap Sahur dari Waktu Hingga Menunya

Rabu, 15 Mei 2019 15:19 by fzhchyn | 990 hits
Puasa Tetap Lancar, Yuk Ikuti Panduan Santap Sahur dari Waktu Hingga Menunya
Image source: destinationkarakol

DREAMERS.ID - Menjadi sumber energi utama saat berpuasa, santap sahur memang sebaiknya tak boleh dilewatkan. Agar lebih bermanfaat dan kuat berpuasa sampai waktu berbuka tiba, menu saat sahur juga perlu diperhatikan.

Ahli gizi Profesor Hardinsyah memberikan panduan santap sahur yang dapat diterapkan agar ibadah puasa tetap lancar. Ia menyarankan untuk bangun setengah jam sebelum makan sahur. Ini berguna agar lambung tidak kaget. "Bangunlah setengah jam sebelum makan untuk mempersiapkan dan menormalkan lambung setelah tidur. Kalau lambung kaget bisa terjadi inflamasi halus," ujarnya mengutip CNN.

Setelah itu, minum satu hingga dua gelas air mineral untuk pertama kali. Kopi dan teh juga diperbolehkan untuk dikonsumsi saat sahur. Namun, orang dengan diabetes disarankan untuk tidak meminum minuman dengan tambahan gula demi menjaga gula darah tetap baik.

Baca juga: Shin Tae Yong Berencana Diskusi dengan Pemimpin Agama Berharap Pemain Tidak Berpuasa Jelang Laga

Usai minum air, konsumsi makanan bergizi seimbang dengan ketentuan sesuai dengan rekomendasi Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan. Rekomendasi menyarankan, dalam satu piring terdapat sepertiga makanan pokok, sepertiga sayuran, dan sepertiganya lagi merupakan gabungan lauk pauk dan buah. Hardinsyah juga menganjurkan untuk berhenti makan sebelum kenyang. "Setiap orang, kan, tahu porsinya. Ukur dan berhenti sampai terasa akan kenyang," ujarnya.

Untuk menu makanan yang dikonsumsi, ia merekomendasikan makanan kaya serat. Pasalnya, makanan kaya serat dapat memperlambat proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Hindari makanan yang terlalu pedas, asin, manis, dan asam. Setelah makan, minum tiga gelas air mineral hingga waktu imsak telah tiba. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)