SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Puasa Tetap Lancar, Yuk Ikuti Panduan Santap Sahur dari Waktu Hingga Menunya

Rabu, 15 Mei 2019 15:19 by zia92 | 830 hits
Puasa Tetap Lancar, Yuk Ikuti Panduan Santap Sahur dari Waktu Hingga Menunya
Image source: destinationkarakol

DREAMERS.ID - Menjadi sumber energi utama saat berpuasa, santap sahur memang sebaiknya tak boleh dilewatkan. Agar lebih bermanfaat dan kuat berpuasa sampai waktu berbuka tiba, menu saat sahur juga perlu diperhatikan.

Ahli gizi Profesor Hardinsyah memberikan panduan santap sahur yang dapat diterapkan agar ibadah puasa tetap lancar. Ia menyarankan untuk bangun setengah jam sebelum makan sahur. Ini berguna agar lambung tidak kaget. "Bangunlah setengah jam sebelum makan untuk mempersiapkan dan menormalkan lambung setelah tidur. Kalau lambung kaget bisa terjadi inflamasi halus," ujarnya mengutip CNN.

Setelah itu, minum satu hingga dua gelas air mineral untuk pertama kali. Kopi dan teh juga diperbolehkan untuk dikonsumsi saat sahur. Namun, orang dengan diabetes disarankan untuk tidak meminum minuman dengan tambahan gula demi menjaga gula darah tetap baik.

Baca juga: Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

Usai minum air, konsumsi makanan bergizi seimbang dengan ketentuan sesuai dengan rekomendasi Isi Piringku dari Kementerian Kesehatan. Rekomendasi menyarankan, dalam satu piring terdapat sepertiga makanan pokok, sepertiga sayuran, dan sepertiganya lagi merupakan gabungan lauk pauk dan buah. Hardinsyah juga menganjurkan untuk berhenti makan sebelum kenyang. "Setiap orang, kan, tahu porsinya. Ukur dan berhenti sampai terasa akan kenyang," ujarnya.

Untuk menu makanan yang dikonsumsi, ia merekomendasikan makanan kaya serat. Pasalnya, makanan kaya serat dapat memperlambat proses pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Hindari makanan yang terlalu pedas, asin, manis, dan asam. Setelah makan, minum tiga gelas air mineral hingga waktu imsak telah tiba. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)