SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Begini Asupan dan Pola Makan yang Tepat Saat Sahur Agar Lancar Berpuasa

Kamis, 09 Mei 2019 02:45 by zia92 | 1422 hits
Begini Asupan dan Pola Makan yang Tepat Saat Sahur Agar Lancar Berpuasa
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Menahan lapar dan haus selama belasan jam saat bulan Ramadhan tentu bukan hal yang mudah. Agar bisa berpuasa dengan lancar, kualitas asupan makanan merupakan hal penting yang perlu diperhatikan.

Menurut praktisi gizi klinik dan olahraga, Rita Ramayulis, sahur adalah penentu kekuatan tubuh menjalani puasa. Dalam menu sahur harus ada empat kelompok bahan makanan, yaitu karbohidrat, protein, sayuran, dan buah.

"Ingat, enam jam setelah sahur itu ada penurunan glukosa dalam darah. Setelah tidak kuat, akan ada pemecahan glikogen dari hati sekitar 350 gram. Saat itulah tubuh mengambil cadangan lemak sehingga siang hari biasanya sudah lemas," kata Rita.

Baca juga: Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

Jika badan terasa lemas hanya berselang dua hingga tiga jam setelah sahur, berarti ada yang salah dengan cara makan. "Mungkin makan malam porsinya terlalu besar atau terlalu banyak tidur dan istirahat. Setelah sahur, seharusnya biarkan dulu selama dua jam, baru bisa tidur lagi," tutur Rita.

Tak hanya sahur, jam makan lainnya seperti saat berbuka atau di malam hari juga ternyata mempengaruhi. Misalnya saat makan malam setelah Tarawih, Rita menyarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat sederhana dan cukup satu lauk yang dimasak dengan cara digoreng.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain tak ramah lingkungan karena kebanyakan menggunakan plastik, jenis minuman yang mengandung pemanis dan karbonasi memang telah lama dianggap tidak menyehatkan. Dan karena alasan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana untuk mengenakan tarif cukai pada produk berkemasan plastik serta produk minuman berpemanis dan berkarbonasi....
  • HOT !
    Indonesia Fashion Chamber (IFC) kembali menggelar Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020. Pagelaran busana muslim tahunan ini digelar untuk ke lima kalinya bertempat di Jakarta Convention Center pada 20 hingga 23 Februari 2020....
  • HOT !
    Perayaan hari kasih sayang yang bisa dikenal dengan Valentine memang kerap menjadi momen untuk memberikan hadiah kepada orang terkasih, bisa dari keluarga maupun kepada pasangan. Hari Valentine sendiri tentu tidak bisa dilepaskan dari makanan berasa manis, salah satunya cokelat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)