SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Alasan Bulan Puasa Bisa Jadi Momen yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

Senin, 06 Mei 2019 16:45 by zia92 | 1353 hits
Alasan Bulan Puasa Bisa Jadi Momen yang Tepat untuk Menurunkan Berat Badan
Image source: popsugar

DREAMERS.ID - Menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh selama Ramadhan merupakan kewajiban bagi umat Muslim. Di samping menjalaninya sebagai ibadah, kita juga sebenarnya bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan dari berpuasa.

Berkurangnya asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh logikanya bisa membantu dalam mengontrol berat badan. Namun dalam beberapa kasus, tak sedikit juga orang yang justru mengalami kenaikan berat badan pasca berpuasa. Jika mengalami hal ini, berarti ada yang salah dengan menu berbuka dan sahur.

Menurut sebuah studi yang dilansir dari CNN, puasa benar-benar efektif untuk membantu menurunkan berat badan. Puasa dianggap memiliki manfaat yang sama dengan cara metode mengurangi kalori yang masuk saat diet.

Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

Ahli diet terdaftar Sharon Richmond mengatakan bahwa dia tidak menyarankan untuk berpuasa (tidak makan sama sekali) kemudian langsung makan sekaligus banyak saat sudah berbuka atau saat sudah tak berpuasa. "Ketika Anda melakukannya dengan ekstrem (langsung makan berlebihan setelah puasa) maka metabolisme akan bekerja sebaliknya dengan apa yang Anda coba capai," katanya.

Penelitian mengungkapkan bahwa berpuasa bisa bekerja efektif seperti metode pengurangan kalori dengan memangkas kalori. Namun tak dipungkiri, bagi orang yang belum terbiasa, puasa memang lebih sulit dilakukan (selain di bulan Ramadan). Setidaknya, 38 persen pelaku diet menyerah untuk puasa. Sedangkan 29 persen lainnya mengaku bisa mengurangi makan.

Dalam studi lainnya mengklaim bahwa puasa adalah 'senjata' terbaik untuk menurunkan berat badan. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa responden non obesitas bisa kehilangan empat persen lemak total tubuhnya saat mereka berpuasa selama 22 hari.

(fzh)

  • HOT !
    Menyantap sahur sebelum menjalankan ibadah puasa memang menjadi hal yang perlu dilakukan. Selain sebagai sumber energi sebelum menjalani aktifitas, sahur juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh....
  • HOT !
    Lebaran menjadi salah satu momen yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga atau untuk menghabiskan waktu berlibur ke negara impian. Klook sebagai salah satu platform perjalanan online terdepan di dunia, resmi meluncurkan program aktivitas #KlookYourDream pada Kamis (16/5)....
  • HOT !
    WhatsApp kembali mengumumkan bakal mengakhiri dukungannya untuk beberapa perangkat. Layanan pesan instan itu tak lagi bisa digunakan di perangkat Windows Phone pada 31 Desember 2019, serta ponsel dengan sistem operasi iOS 7 atau yang lebih tua dan Android 2.3.7 dan lebih tua, mulai 1 Februari 2020....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : rosadelita_ps
Cast : - Jung Ayana - Jung Yunho - Shim Changmin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)