SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Puasa Tinggal Menghitung Hari, Ini Persiapan yang Mungkin Kamu Butuhkan

Kamis, 02 Mei 2019 19:45 by zia92 | 1507 hits
Puasa Tinggal Menghitung Hari, Ini Persiapan yang Mungkin Kamu Butuhkan
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan memang sudah menjadi kewajiban umat Muslim yang rutin dijalankan setiap tahunnya. Meski begitu, segala persiapan tentunya diperlukan, termasuk fisik yang akan mengalami perubahan waktu makan dan sistem dalam tubuh.

Saat menjalankan ibadah puasa, selama lebih dari 13 jam tubuh tidak mendapat asupan makanan dan minuman. Perubahan drastis ini tentu membuat tubuh ‘kaget’ dan perlu beradaptasi. Nah agar tubuh tidak kaget dan cepat beradaptasi saat menjalankan puasa di hari-hari pertama, berikut adalah beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Puasa sunnah
Menjalankan puasa sunnah sebelum resmi memasuki bulan Ramadhan bisa dianggap sebagai masa adaptasi agar tubuh tidak begitu kaget atau lemas saat awal puasa. Hal ini juga akan membuat tubuh terbiasa dengan pola makan baru.

2. Pola konsumsi obat
Bagi penderita diabetes atau penyakit lainnya yang terbiasa mengkonsumsi obat, mulailah untuk terbiasa mengkonsumsi obat dua kali sehari. Sehingga saat bulan Ramadhan, hanya pergeseran waktu minum obatnya saja yang berubah yaitu saat buka dan sahur.

Baca juga: Kebiasaan Saat Puasa yang Perlu Dipertahankan Usai Lebaran

3. Beraktivitas seperti biasa
Datangnya bulan puasa bukan berarti mengurangi aktifitas, karena takut merasa capek dan lelah karena cuaca panas dan sedang puasa. Justru yang harus dilakukan adalah mendengarkan sinyal tubuh dan percayakan bahwa tubuh mampu menghadapi apapun. Jadi, puasa bukan menjadi alasan untuk menjadi malas beraktivitas.

4. Menjaga kualitas makanan
Tidak perlu mengurangi porsi makanan sebelum datang bulan puasa. Namun yang perlu dilakukan adalah menjaga kualitas makanan agar nutrisi, vitamin, dan serat di dalam tubuh tetap terpenuhi.

5. Minum banyak air
Untuk menghindari dehidrasi saat berpuasa, maka saat sahur usahakan minum air mineral sebanyak delapan gelas. Kemudian hindari minuman manis dan bersoda, serta makanan-makanan manis saat sahur.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain aktif sebagai member GOT7, Jackson juga sering melakukan proyek solo di bidang musik dan lainnya, seperti fashion. Baru baru ini, ia ikut serta dalam kolaborasi spesial dengan brand fashion ternama Fendi....
  • HOT !
    Malam hari adalah waktu dimana sel sel mulai bergenerasi, ketika tidur otot otot dalam tubuh akan rileks, termasuk otot di wajah, hal ini juga akan membuat kulit menjadi lebih rileks....
  • HOT !
    Instagram terus mengeluarkan kebijakan kebijakan baru agar platform nya aman dan suportif bagi setiap pengguna. Dalam aturan terbaru, perusahaan dapat mendeteksi dan menghapus akun yang berulang kali mengunggah konten yang isinya melanggar kebijakan media sosial itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)