SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Baru Sebut Semakin Banyak Lemak di Tubuh Bisa Buat Otak Mengecil

Senin, 29 April 2019 18:15 by zia92 | 1990 hits
Penelitian Baru Sebut Semakin Banyak Lemak di Tubuh Bisa Buat Otak Mengecil
Image source: 9coach

DREAMERS.ID - Berat badan yang berlebih memang sering dikaitkan dengan berbagao masalah kesehatan, seperti obesitas dan penyakit jantung. Dan studi baru pun menyatakan bahwa obesitas bisa berdampak pada otak, membuatnya lebih kecil alias menyusut.

Melansir dari Detik, para peneliti dari Belanda menganalisa pindaian otak dan menemukan semakin tinggi lemak di tubuh semakin menurun volume otak di beberapa area. Secara spesifik, terlalu banyak lemak tubuh dikaitkan dengan berkuranganya jumlah materi abu-abu atau gray matter, jaringan otak yang berisi sel-sel saraf di otak bagian tengah.

Menurut studi yang dipublikasikan dalam jurnal Radiology ini, kaitan tersebut muncul lebih tinggi pada wanita. Mereka juga melihat adanya perubahan pada materi putih otak (white matter), serat saraf panjang yang membantu berkomunikasi, disebabkan oleh lemak. 

Baca juga: Ternyata 5 Makanan Sehat Ini Malah Bikin Diet Gagal

"Masih belum jelas mengapa kadar lemak terkait dengan penyusutan volume otak atau perbedaan pada materi putih. Satu pemikirannya adalah tingginya kadar lemak tubuh bisa jadi menyebabkan inflamasi yang merusak jaringan otak. Volume otak yang lebih kecil dapat mengindikasikan kehilangan neuron pada area tersebut," tulis peneliti tersebut, dikutip dari Daily Mail.

Walau begitu, karena studi ini dilakukan hanya dalam satu waktu, masih belum jelas apakah obesitas yang mengubah otak atau apakah orang dengan volume materi abu-abu yang lebih sedikit di beberapa area berisiko tinggi terkena obesitas.

Oleh karena itu para peneliti mencatat bahwa masih perlu dilakukan studi dan riset lebih lanjut mengenai hal tersebut. Agar bisa mengetahui kaitan sebenarnya apakah dengan menurunkan berat badan dapat membantu otak lebih baik. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain aktif sebagai member GOT7, Jackson juga sering melakukan proyek solo di bidang musik dan lainnya, seperti fashion. Baru baru ini, ia ikut serta dalam kolaborasi spesial dengan brand fashion ternama Fendi....
  • HOT !
    Malam hari adalah waktu dimana sel sel mulai bergenerasi, ketika tidur otot otot dalam tubuh akan rileks, termasuk otot di wajah, hal ini juga akan membuat kulit menjadi lebih rileks....
  • HOT !
    Instagram terus mengeluarkan kebijakan kebijakan baru agar platform nya aman dan suportif bagi setiap pengguna. Dalam aturan terbaru, perusahaan dapat mendeteksi dan menghapus akun yang berulang kali mengunggah konten yang isinya melanggar kebijakan media sosial itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)