SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Pakai Kabel, Bagaimana Sih Cara Kerja Wireless Charging di Smartphone?

Senin, 29 April 2019 11:15 by zia92 | 2853 hits
Tak Pakai Kabel, Bagaimana Sih Cara Kerja Wireless Charging di Smartphone?
Image source: Samsung

DREAMERS.ID - Kebanyakan smartphone flagship saat ini sudah menerapkan teknologi wireless charging atau pengisian daya nirkabel. Perangkat pertama yang menerapkannya adalah Lumia 920 di tahun 2012 lalu, kemudian sejumlah vendor seperti Samsung dan Apple mulai mengikuti.

Mengutip dari Detik, fitur wireless charging sudah lama dikenal, di mana teknologi ini berawal dari buah pikiran Nikola Tesla pada 1901. Meski ide ini sudah muncul lebih dari 100 tahun lalu, tapi penggunaan praktis teknologi ini masih terbatas. Lalu bagaimana cara kerja teknologi ini di perangkat ponsel?

Pengisian daya nirkabel dapat terjadi karena energi untuk ponsel dikirim melalui medan magnet yang muncul dari koil tembaga ketika ponsel dan stasiun pengisian daya didekatkan satu sama lain. Tenaga listrik terhantar lewat induksi, karena koil pada perangkat dan stasiun pengisian daya saling terhubung. Stasiun pengisian daya inilah yang terhubung langsung ke kontak listrik. 

Koil stasiun pengisi daya mengubah listrik arus AC menjadi medan magnet. Lantas, koil pada perangkat yang ditempelkan akan mengubah medan magnet itu kembali menjadi listrik arus DC, seperti dilansir Business Today. Namun diperkirakan di masa depan, dengan teknologi yang lebih canggih listrik kemungkinan bisa dihantarkan ke baterai melalui frekuensi radio, sinar inframerah, hingga ultrasound (USG).

Umumnya, ponsel pintar mengadopsi standar Qi untuk perangkat-perangkat yang memiliki kemampuan pengisian daya nirkabel. Sementara, pengisian daya nirkabel menggunakan frekuensi radio, dapat digunakan untuk mengisi ulang perangkat dalam cakupan jarak sekitar 4 meter.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbakarnya gedung studio animasi Kyoto Animation atau KyoAni di Jepang menuai duka dari masyarakat dunia, terutama pecinta anime. Karena perlu diketahui dan mungkin tidak disadari, studio animasi ini memang menelurkan banyak judul dan karya terkenal....
  • HOT !
    Pecinta bubble tea nampaknya harus mulai mengurangi konsumsi minuman ini. Boba atau bola tapioka yang dijadikan tambahan dalam berbagai jenis minuman dan makanan yang populer ini punya kandungan gula yang tinggi dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan....
  • HOT !
    Perangkat terbaru Realme X siap diboyong ke Indonesia pada 25 Juli mendatang. Sebelumnya, perangkat ini telah dipamerkan di Beijing, China pada 15 lalu. Tak hanya varian reguler, Realme juga memastikan kehadiran edisi khusus Realme X Spider Man: Far From Home untuk penggemar karakter superhero tersebut di tanah air....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)