home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Pakai Kabel, Bagaimana Sih Cara Kerja Wireless Charging di Smartphone?

Senin, 29 April 2019 11:15 by fzhchyn | 3170 hits
Tak Pakai Kabel, Bagaimana Sih Cara Kerja Wireless Charging di Smartphone?
Image source: Samsung

DREAMERS.ID - Kebanyakan smartphone flagship saat ini sudah menerapkan teknologi wireless charging atau pengisian daya nirkabel. Perangkat pertama yang menerapkannya adalah Lumia 920 di tahun 2012 lalu, kemudian sejumlah vendor seperti Samsung dan Apple mulai mengikuti.

Mengutip dari Detik, fitur wireless charging sudah lama dikenal, di mana teknologi ini berawal dari buah pikiran Nikola Tesla pada 1901. Meski ide ini sudah muncul lebih dari 100 tahun lalu, tapi penggunaan praktis teknologi ini masih terbatas. Lalu bagaimana cara kerja teknologi ini di perangkat ponsel?

Pengisian daya nirkabel dapat terjadi karena energi untuk ponsel dikirim melalui medan magnet yang muncul dari koil tembaga ketika ponsel dan stasiun pengisian daya didekatkan satu sama lain. Tenaga listrik terhantar lewat induksi, karena koil pada perangkat dan stasiun pengisian daya saling terhubung. Stasiun pengisian daya inilah yang terhubung langsung ke kontak listrik. 

Koil stasiun pengisi daya mengubah listrik arus AC menjadi medan magnet. Lantas, koil pada perangkat yang ditempelkan akan mengubah medan magnet itu kembali menjadi listrik arus DC, seperti dilansir Business Today. Namun diperkirakan di masa depan, dengan teknologi yang lebih canggih listrik kemungkinan bisa dihantarkan ke baterai melalui frekuensi radio, sinar inframerah, hingga ultrasound (USG).

Umumnya, ponsel pintar mengadopsi standar Qi untuk perangkat-perangkat yang memiliki kemampuan pengisian daya nirkabel. Sementara, pengisian daya nirkabel menggunakan frekuensi radio, dapat digunakan untuk mengisi ulang perangkat dalam cakupan jarak sekitar 4 meter.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)