SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Seperti Ini Tanpa Disadari Dapat Membuat Kulit Menipis

Selasa, 09 April 2019 13:45 by zia92 | 2189 hits
Kebiasaan Seperti Ini Tanpa Disadari Dapat Membuat Kulit Menipis
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jika kamu punya kebiasaan malas mencuci tangan dengan air dan lebih memilih menggunakan cairan pencuci tangan alias hand sanitizer, sebaiknya dikurangi atau dihentikan. Karena kebiasaan ini bisa berakibat buruk pada kondisi kulit tangan.

Sebagaian orang memang lebih memilih menggunakan hand sanitizer biasa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan kuman jika berada jauh dari tolet, kamar mandi, atau sumber air lainnya yang bisa dibuat untuk mencuci tangan karena sifatnya yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya hand sanitizer tidak lebih efektif dibanding mencuci tangan langsung. "Hand sanitizer itu tidak wajib, karena bahan dasarnya alkohol supaya bisa menghilangkan kuman di tangan. Tapi berdasarkan penelitian memang lebih efektif cuci tangan dengan sabun," kata Sekertaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Muhammad Adib Khumaidi, mengutip CNN.

Baca juga: Disebut 'Silent Killer', Kenali Gejala Awal Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Disamping kemudahannya, hand sanitizer ternyata lebih mungkin menyebarkan penyakit berkaitan norovirus, atau gangguan pencernaan seperti diare jika digunakan terlalu sering. "Pakai hand sanitizer terlalu sering juga tidak baik karena dapat membuat kulit menjadi tipis." lanjutnya.

Hand sanitizer sebagian besar terbuat dari alkohol yang berperan sebagai antiseptik. Selain alkohol, hand sanitizer juga ditambahkan bahan lain seperti air, parfum, dan gliserin.

Namun menurut juru bicara Infectious Disease Society of Amerika Aaron E Glatt, seperti yang dilansir WebMD, penggunaan hand sanitizer tidak berlaku bagi pembersihan bakteri Clostridium difficile yang menyebabkan peradangan hebat di usus besar.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)