SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kebiasaan Seperti Ini Tanpa Disadari Dapat Membuat Kulit Menipis

Selasa, 09 April 2019 13:45 by zia92 | 2149 hits
Kebiasaan Seperti Ini Tanpa Disadari Dapat Membuat Kulit Menipis
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Jika kamu punya kebiasaan malas mencuci tangan dengan air dan lebih memilih menggunakan cairan pencuci tangan alias hand sanitizer, sebaiknya dikurangi atau dihentikan. Karena kebiasaan ini bisa berakibat buruk pada kondisi kulit tangan.

Sebagaian orang memang lebih memilih menggunakan hand sanitizer biasa dijadikan sebagai alternatif untuk menghilangkan kuman jika berada jauh dari tolet, kamar mandi, atau sumber air lainnya yang bisa dibuat untuk mencuci tangan karena sifatnya yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana.

Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa sebenarnya hand sanitizer tidak lebih efektif dibanding mencuci tangan langsung. "Hand sanitizer itu tidak wajib, karena bahan dasarnya alkohol supaya bisa menghilangkan kuman di tangan. Tapi berdasarkan penelitian memang lebih efektif cuci tangan dengan sabun," kata Sekertaris Jenderal Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Muhammad Adib Khumaidi, mengutip CNN.

Baca juga: Tips Memulai Kembali Beraktivitas dengan Semangat Usai Libur Lebaran

Disamping kemudahannya, hand sanitizer ternyata lebih mungkin menyebarkan penyakit berkaitan norovirus, atau gangguan pencernaan seperti diare jika digunakan terlalu sering. "Pakai hand sanitizer terlalu sering juga tidak baik karena dapat membuat kulit menjadi tipis." lanjutnya.

Hand sanitizer sebagian besar terbuat dari alkohol yang berperan sebagai antiseptik. Selain alkohol, hand sanitizer juga ditambahkan bahan lain seperti air, parfum, dan gliserin.

Namun menurut juru bicara Infectious Disease Society of Amerika Aaron E Glatt, seperti yang dilansir WebMD, penggunaan hand sanitizer tidak berlaku bagi pembersihan bakteri Clostridium difficile yang menyebabkan peradangan hebat di usus besar.

(fzh)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)