home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kulit Kusam dan Masalah Kulit Lainnya yang Timbul Akibat Makanan Manis

Senin, 08 April 2019 18:15 by zia92 | 1194 hits
Kulit Kusam dan Masalah Kulit Lainnya yang Timbul Akibat Makanan Manis
Image source: Business Insider

DREAMERS.ID - Tak ada yang bisa menolak kelezatan dari makanan bercitarasa manis. Namun di balik kenikmatannya, ada banyak risiko yang menghantui jika tidak dikonsumsi dengan bijak. Mengkonsumsi makanan manis biasanya identik dengan penyakit diabetes atau obesitas. Namun selain penyakit tersebut, efek mengkonsumsi gula juga bisa membuat kulit kusam dan berkerut!

Dilansir dari laman CNN, saat seseorang mengkonsumsi gula atau makanan dengan indeks glisemik yang tinggi, makanan tersebut akan dikonversi menjadi glukosa dengan cepat yang kemudian meningkatkan kadar insulin. Kenaikan insulin dalam tubuh inilah yang menyebabkan peradangan sehingga terjadi masalah seperti berikut:

1. Jerawat

Gula menyebabkan peradangan dalam tubuh, dan ini adalah salah satu cara utama merusak kulit. Peningkatan insulin yang disebabkan oleh karbohidrat sederhana seperti gula dan roti akan menghasilkan peradangan. Peradangan menyebabkan jerawat pada kulit. Jadi kurangi asupan gula halus dan gula tambahan termasuk gula putih, gula merah, sirup jagung fruktosa tinggi, sirup agave, dan lain-lain.

2. Keriput

Sifat inflamasi gula tidak hanya menyebabkan jerawat, tetapi juga mengakibatkan keriput. Gula menyerang kolagen yang sehat pada kulit. Padahal salah satu fungsi kolagen adalah membuat kulit bebas kerut. Pada tingkat sel, gula mengonsumsi kolagen yang sehat ini, membuat kulit terlihat kusam dan kering. Keriput dapat terjadi ketika stok kolagen habis.

Baca juga: Pemakaian Masker dengan Katup Tidak Dianjurkan, Ini Bahayanya

3. Kulit kusam

Gula dalam bentuk apapun dapat mengubah kadar gula darah dalam tubuh. Bila seseorang mengonsumsi makanan manis, kadar gula darah akan meningkat dengan cepat. Tak lama, ketika insulin dilepaskan ke dalam sel, kadar gula darah akan turun. Penurunan drastis gula darah ini akan menciptakan stres internal dalam tubuh, yang menyebabkan jerawat dan kulit kusam.

4. Penuaan dini

Radikal bebas adalah molekul yang menyebabkan peradangan dan kerusakan sel dalam tubuh. Radikal bebas menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang menghasilkan penuaan. Penelitian menunjukkan bahwa makanan manis dan diet tinggi gula menciptakan radikal bebas dalam tubuh.

5. Dehidrasi

Gula menghisap air dari sel-sel tubuh, sehingga jika mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak, kulit akan mengalami dehidrasi kekeringan, bengkak dan yang paling ditakuti adalah munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Memasuki musim gugur dengan udara yang sudah mulai mendingin, waktu yang tepat untuk menghangatkan badan dengan menyantap makanan hangat. Seperti menu Ganjang Gejang Crab Shell Bibimbap, makanan berbumbu kecap yang menggunakan kepiting mentah khas Korea....
  • HOT !
    Penggunaan sunscreen atau tabir surya setiap hari bisa mencegah dan melindungi kulit dari efek paparan sinar UV yang dapat membahayakan, seperti kulit terbakar matahari (sunburn), penuaan, keriput, flek hitam bahkan kanker kulit. Dan tetap disarankan pakai walau cuaca mendung dan hujan....
  • HOT !
    Seoul Fashion Week Fall/Winter 2020 awal tahun ini telah dibatalkan akibat pandemi COVID 19.  Namun untuk penampilan fashion week koleksi Spring/Summer 2021 akan tetap diadakan pada bulan Oktober 2020 melalui platform online....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)