home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ada Orang-orang yang Jarang Tertular Penyakit, Benarkah Hanya Faktor Keberuntungan?

Kamis, 04 April 2019 18:15 by fzhchyn | 1761 hits
Ada Orang-orang yang Jarang Tertular Penyakit, Benarkah Hanya Faktor Keberuntungan?
Image source: Medical News Today

DREAMERS.ID - Ada saat di mana orang-orang dalam satu lingkungan seperti rumah atau kantor ‘kompak’ terserang penyakit ringan seperti flu, batuk, demam, dan lainnya. Biasanya hal ini terjadi ketika musim pancaroba tiba.

Namun anehnya ada beberapa orang yang tidak ikut tertular penyakit tersebut, bahkan jarang sekali sakit. Kira-kira apa ya penyebabnya? Menurut Stephen Morse, Profesor Epidemologi di Mailman School of Public Health di Columbia University, orang yang tidak pernah sakit tersebut punya faktor keberuntungan.

Dilansir dari Today.com, faktor keberuntungan yang dimaksud di sini adalah berkaitan dengan sistem imun atau kekebalan tubuh yang dimiliki. Seperti yang diketahui, sistem imun sifatnya sangat kompleks dan individual.

Para peneliti mengetahui bahwa beberapa orang memiliki sistem imun yang lebih lemah karena disebabkan oleh hal-hal tertentu. Namun, masih sedikit pengetauan mengenai kenapa beberapa orang tidak pernah sakit.

Baca juga: Latihan Fisik Para Artis Korea yang Bisa Kamu Tiru untuk Tetap Bugar

Kegiatan yang menunjang kesehatan seperti istirahat cukup, berolahraga atau mengkonsumsi makanan sehat memang dapat membantu memperkuat sistem imun. Namun paparan terus menerus terhadap lebih dari 200 virus berbeda (misalnya flu), justru dapat membangun kekebalan tubuh.

Tubuh belajar untuk bertahan terhadap virus-virus tersebut. Lalu ada juga yang mengikat virus tapi tidak merasakan sakit, yang dikenal dengan infeksi asimtomatik. Selain itu juga ada kelompok orang yang disebut spreaders, dimana ia menyebarkan virus tapi ia sendiri tidak mengalami sakit.

Yang pasti hingga saat ini, alasan mendalam mengenai mengapa ada orang-orang yang bertahan dari sakit dan tidak pernah terkena flu atau demam masih dipelajari secara mendalam oleh para ilmuan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)