home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Duh, Indonesia Jadi Negara Terbanyak yang Install Aplikasi Android Berbahaya

Kamis, 04 April 2019 14:15 by zia92 | 3649 hits
Duh, Indonesia Jadi Negara Terbanyak yang Install Aplikasi Android Berbahaya
Image source: Android Pit

DREAMERS.ID - Menurut laporan keamanan Android tahun 2018 yang rilis pada Maret lalu, Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna terbanyak yang menginstall aplikasi Android berbahaya di Google Play Store. Dikatakan bahwa pengguna Indonesia memiliki kecenderungan untuk menginstal aplikasi berbahaya ketimbang India, Amerika Serikat, Brazil, dan Rusia.

Aplikasi yang dikategorikan berbahaya ini lantaran mengandung virus trojan, spyware, bisa mengunduh malware secara diam-diam, phising, serta yang paling banyak menggunakan trik 'klik penipuan', yang merupakan aktivitas dimana pengguna dibuat berkali-kali menekan tombol iklan agar pemilik situs dapat mendapatkan pendapatan dari iklan yang ditampilkan oleh perusahaan pengiklan, seperti contohnya, Google AdSense. 

Melansir dari CNN, Google sendiri mengklaim telah berusaha menekan aplikasi-aplikasi berbahaya ini dan mengimbau agar pengguna berhati-hati ketika menginstal aplikasi Android jika didapat dari luar ekosistem Play Store. Misal, mengunduh dari toko aplikasi pihak ketiga atau mengunduh dari situs tertentu yang tidak terbukti dapat dipercaya. 

Baca juga: Android 11 Ternyata Punya Nama Dessert 'Red Velvet Cake'

Selain itu, Google juga meminta pengguna agar kerap memperbarui sistem operasinya. Sebab, semakin baru sistem operasi Android yang digunakan, semakin bagus perlindungannya terhadap aplikasi berbahaya yang mereka kategorikan sebagai 'aplikasi berpotensi merusak' (PHA). 

Bila dijabarkan dalam bentuk angka satuan, berdasarkan perkiraan Sensor Tower, ada 31 juta aplikasi PHA, dari 76 miliar jumlah download aplikasi Android pada tahun 2018. Meski demikian, Google mengklaim bahwa jumlah aplikasi yang berkategori PHA telah menurun sebesar 31 persen selama tahun 2017 ke 2018. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
     Sebentar lagi, Indonesia akan merayakan perayaan hari kemerdekaan pada 17 Agustus mendatang. Dalam rangka menyambut ulang tahun Indonesia yang ke 75 tahun ini, beberapa brand khususnya di bidang kuliner mengambil kesempatan ini dengan membuat promo besar besaran...
  • HOT !
    Warteg alias warung tegal adalah tempat makan yang sering dijumpai di Indonesia, di mana menawarkan berbagai macam menu makanan rumahan dengan harga yang relatif murah. Siapa sangka jika warteg juga ada lho di Korea Selatan....
  • HOT !
    Baru baru ini Jennie BLACKPINK menjadi topik perbincangan hangat di komunitas online karena sering menggunakan gaya busana yang tidak selalu mahal seperti yang dibayangkan orang orang....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)