home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Pertama di Dunia, Korea Selatan Luncurkan Jaringan Seluler 5G Skala Nasional

Kamis, 04 April 2019 12:15 by fzhchyn | 1849 hits
Pertama di Dunia, Korea Selatan Luncurkan Jaringan Seluler 5G Skala Nasional
Image source: Engadget

DREAMERS.ID - Korea Selatan dikenal sebagai salah satu negara dengan koneksi internet dan jaringan komunikasi tercepat di dunia. Dan pada Jumat (5/4) mendatang, Negeri Ginseng ini akan meluncurkan jaringan seluler 5G pertama di dunia.

Melansir dari CNN, peluncuran itu dilakukan setelah Korsel berhasil memenangkan perlombaan untuk menjadi yang pertama memberikan pengalaman komunikasi super cepat bagi pengguna. AFP melaporkan bahwa 5G hanya satu bagian dari pertempuran lebih luas yang telah mengadu domba Amerika Serikat melawan China serta raksasa teknologi lainnya termasuk Huawei.

Koneksi nirkabel Korea Selatan sendiri telah lama memiliki reputasi baik dari segi teknis dan Seoul telah menjadikan peluncuran 5G sebagai prioritas karena berupaya merangsang pertumbuhan ekonomi yang gagap.

Sistem ini disebut akan membawa konektivitas hampir instan atau 20 kali lebih cepat dari 4G, memungkinkan pengguna untuk mengunduh film menyeluruh dalam waktu kurang dari satu detik. Teknologi nirkabel generasi kelima ini akan menandakan tingkat konektivitas baru dari segi kecepatan.

Pentingnya penggunaan 5G ini pun dipaparkan turut berpengaruh pada pengembangan perangkat di masa depan mulai dari pengiriman data satu sama lain dalam waktu nyata, robot industri, drone, dan elemen lain dari Internet of Things. Perkembangan tersebut menjadi bagian penting dari infrastruktur masa depan dan standar 5G diperkirakan akan menghasilkan sekitar US$565 miliar. 

Baca juga: Koneksi 5G di Indonesia Sudah Siap Tahun 2021?

Berdasarkan Global System for Mobile Communications, sebuah aliansi industri yang berbasis di London, Inggris mengungkap jumlah ini akan memberikan manfaat ekonomi global pada 2034. Ketiga jaringan seluler Korea Selatan yakni KT, SK Telecom dan LG UPlus dilaporkan akan langsung tampil dengan layanan 5G ketika diluncurkan.

Pada hari yang sama, Samsung Electronics akan merilis Galaxy S10 5G, smartphone pertama yang tersedia di dunia dan menggunakan teknologi tersebut, dengan pesaing LG menyusul V50s dua minggu kemudian. Wakil presiden jaringan seluler Korsel KT Lee Pil-jae memprediksi bahwa lebih dari tiga juta orang Korea Selatan akan beralih ke 5G pada akhir tahun ini.

Hingga saat ini, belum ada jaringan seluler yang menawarkan akses 5G dalam lingkup nasional. Di AS, hotspot di beberapa kota tertentu telah menawarkan kecepatan 5G tetapi itu hanya sekadar lebih dari wifi saja. Sementara perusahaan Qatar Ooredoo mengatakan ia menawarkan layanan 5G di sekitar Doha, tetapi tidak memiliki perangkat yang tersedia untuk menggunakannya.

Pembawa jaringan AS Verizon akan meluncurkan layanan generasi kelima untuk pengguna ponsel di Chicago dan Minneapolis minggu depan, dengan lebih dari 30 kota akan menyusul tahun ini. Jepang juga diperkirakan akan meluncurkan penyebaran terbatas pada 2019 sebelum layanan penuh dimulai tepat waktu untuk Olimpiade Tokyo tahun depan.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)