SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Peringati Hari Tidur Sedunia, Penelitian Ungkap Orang Semakin Kurang Tidur

Jumat, 15 Maret 2019 19:15 by zia92 | 1709 hits
Peringati Hari Tidur Sedunia, Penelitian Ungkap Orang Semakin Kurang Tidur
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Tanggal 15 Maret diperingati sebagai World Sleep Day atau Hari Tidur Sedunia sebagai bentuk kesadaran akan masalah dan gangguan tidur yang dialami orang di seluruh dunia. Tahun ini, WSD mengusung tema Healthy Sleep, Healthy Aging yang berarti tidur yang sehat menciptakan penuaan yang sehat.

Survei terbaru dari Royal Phillip menunjukkan bahwa masyarakat dunia semakin kurang tidur.  Penelitian tersebut menemukan orang hanya tidur sebanyak 6,3 jam pada hari kerja dan 6,6 jam di akhir pekan. Waktu ini lebih rendah dibandingkan waktu tidur yang direkomendasikan oleh WHO yakni delapan jam setiap hari.

Studi yang dimuat dalam laporan The Global Pursuit of Better Sleep Health ini melibatkan lebih dari 11 ribu orang dewasa di 12 negara di dunia. Survei ini memberi pertanyaan kepada para partisipan soal sikap, persepsi, dan perilaku yang berkaitan dengan tidur pada Januari lalu.

Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

Selain kurang tidur, sebanyak 44 persen partisipan mengatakan bahwa tidur mereka memburuk dalam lima tahun terakhir. Sementara 62 persen partisipan menggambarkan tidur mereka 'agak' atau 'tidak sama sekali' baik.

Tidur yang tidak berkualitas ini berdampak langsung terhadap aktivitas sehari-hari. Hal ini dibuktikan dengan 60 persen partisipan merasa kantuk pada siang hari. Menurut survei ini, di negara Asia Pasifik penyebab utama kurang tidur adalah stres karena khawatir atau tekanan sebanyak 50 persen. 

Kurang tidur juga disebabkan oleh gangguan lingkungan tidur sebanyak 32 persen, gangguan hiburan seperti televisi dan media sosial 27 persen, masalah kesehatan 23 persen, minuman berkafein dan obat-obatan 18 persen, serta pasangan yang mendengkur 17 persen.

(fzh/CNN)

  • HOT !
      Sejak pemerintah mengumumkan pembatasan akses media sosial, warganet mulai menggunakan aplikasi koneksi seperti VPN (virtual private network) untuk mengakali kebijakan tersebut. Namun Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyarankan agar pengguna tidak melakukannya....
  • HOT !
    Madonna menjadi salah satu selebriti Hollywood yang menggemari aksesoris karya desainer asal Indonesia, Rinaldy A.Yunardi. Ia beberapa kali tertangkap mengenakan hasil rancangan Rinaldy untuk melengkapi aksinya diatas panggung....
  • HOT !
    Menyantap sahur sebelum menjalankan ibadah puasa memang menjadi hal yang perlu dilakukan. Selain sebagai sumber energi sebelum menjalani aktifitas, sahur juga memiliki banyak manfaat lainnya yang baik untuk tubuh....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)