SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Kopi Kekinian Makin Menjamur, Waspadai Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

Senin, 11 Maret 2019 18:45 by zia92 | 2486 hits
Kopi Kekinian Makin Menjamur, Waspadai Dampak Buruknya Bagi Kesehatan
Image source: istyle

DREAMERS.ID - Banyaknya kedai kopi kekinian bermunculan saat ini menandakan gaya hidup orang zaman sekarang yang tak lepas dari kebiasaan minum kopi. Nongkrong ‘ngopi cantik’ juga sudah menjadi kegiatan yang lumrah di kalangan anak muda dan dewasa.

Kopi memang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berdasarkan penelitian tahun 2014 dari Diabetes Care dan American Journal of Epidemiology, kebiasaan minum kopi bisa mengurangi risiko penyakit diabetes.

Penelitian dari Clinical Nutrition di tahun 2016 juga menyatakan konsumsi kopi secara teratur dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 10 persen setiap cangkirnya. Selain itu kemungkinan menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung sebanyak 21 persen.

Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

Hanya saja, tidak semua orang menyukai rasa pahit dari kopi sehingga memilih untuk menambahkan gula. Kebiasaan itulah yang menyebabkan jumlah orang penderita diabetes meningkat. Mengutip CNN, berdasarkan data IDF Diabetes Atlas pada tahun 2017, Indonesia menduduki posisi keenam sebagai penderita diabetes terbesar sebanyak 10,3 juta orang.

Ada beberapa ciri orang yang mengalami diabetes. Orang yang menderita diabetes akan mudah lelah, sering mengantuk, dan mudah lapar. Penderita diabetes tidak bisa sembuh total, namun diabetes bisa disembuhkan. Melainkan hanya dikontrol kadar gula darah dalam tubuhnya.

Dokter ahli penyakit dalam Mulyani Anny Suryani Gultom menyarankan beberapa tips untuk mencegah diabetes, yaitu dengan membatasi asupan gula, olahraga rutin, tidur cukup, dan melakukan cek darah secara rutin.

(fzh)

  • HOT !
    Apple diketahui telah mendaftarkan sejumlah perangkat terbarunya di Eurasian Economic Community (EEC). Meski waktu peluncurannya masih belum diketahui, namun ponsel baru Apple tersebut akan hadir di tahun ini....
  • HOT !
      Asupan cairan yang berkurang saat menjalankan ibadah puasa mengakibatkan mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Dehidrasi seperti ini biasanya langsung tercermin pada kondisi bibir yang mengalami kering dan pecah pecah....
  • HOT !
    Pengguna WhatsApp di seluruh dunia tengah dihebohkan dengan adanya celah keamanan dalam platform pesan instan milik Facebook tersebut. Financial Times melaporkan bahwa fitur WhatsApp Call bisa disusupi spyware asal Israel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)