SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Niat Menambah Energi, Ada Penyebab Mengapa Setelah Makan Justru Bikin Ngantuk

Senin, 11 Maret 2019 12:15 by zia92 | 1234 hits
Niat Menambah Energi, Ada Penyebab Mengapa Setelah Makan Justru Bikin Ngantuk
Image source: Esquire

DREAMERS.ID - Alasan utama mengapa manusia butuh mengkonsumsi makanan adalah untuk mendapatkan energi. Tapi Dreamers, apakah kamu pernah merasakan setelah menyantap sepiring pasta, lalu tubuh merasa berenergi?

Faktanya, mungkin setelah makan justru merasa mengantuk dan ingin tidur. Hal ini dikarenakan tiga faktor, yang semuanya menyebabkan kesulitan bernapas lalu merasa mengantuk seperti yang dikutip langsung dari Fitday.com.

1. Karbohidrat sederhana

Pati (pasta, nasi, roti, keripik kentang, tepung tortilla), gula, atau makanan tinggi gula (cookies, permen, dan kue) memiliki kecerdasan pernapasan lebih tinggi dari protein dan lemak sehat. Makanan yang memiliki kecerdasan pernapasan lebih tinggi akan memetabolisme pernapasan menjadi karbondioksida dengan cepat.

Memiliki kadar karbondioksida yang tinggi dalam tubuh membuat tubuh merasa lemah dan lelah. Karbohidrat sederhana memiliki kecerdasan pernapasan yang lebih tinggi, dan itu akan membuat seseorang merasa kurang berenergi, lemah, dan lelah. Usahakan untuk tetap mengonsumsi karbohidrat kompleks untuk manfaat kesehatan seperti makanan yang tinggi serat, vitamin, dan mineral. Tapi ketika memilih makanan bertepung, pilihlah tepung gandum, oat, atau tepung jagung.

2. Makanan tinggi sodium

Makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi atau lambat dicerna berpotensi untuk meningkatkan retensi air dalam tubuh, sehingga membuat susah bernapas. Sodium adalah senyawa elektrolit dalam tubuh yang menarik air.

Baca juga: Ternyata Ada 'Pantangan' Makanan untuk si Pemilik Kulit Kering

Memiliki terlalu banyak sodium dalam tubuh menyebabkan air berada di tempat-tempat yang tidak seharusnya seperti di aliran darah yang menyebabkan tekanan darah tinggi, atau berada di jaringan interstitial paru-paru. Sekali lagi, hal ini menyebabkan kesulitan bernapas, lelah, dan merasa lemah karena kelebihan berat air dalam tubuh.

Namun jangan khawatir, tubuh tetap dapat mendapatkan sodium yang dibutuhkan dengan makan makanan alami, karena semua makanan termasuk buah-buahan dan sayuran segar mengandung sodium alami.

3. Makanan berkarbonasi

Minuman bersoda dan permen karet menyebabkan perut memiliki banyak udara, yang dapat menyebabkan merasa kembung. Memiliki perut yang penuh akan mendorong diafragma, yaitu otot utama yang membantu pernapasan paru-paru secara efisien.

Pada saat yang sama, tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mencerna makanan yang lebih besar. Mengunyah permen karet menyebabkan tubuh untuk menelan udara dan minuman bersoda mengandung banyak udara dalam gelembung yang mengisi perut.

Minuman bersoda juga mengandung karbon dioksida terlarut yang dapat meningkatkan kadar karbon dioksida dalam tubuh setelah mengonsumsinya. Belum lagi jika minuman bersoda yang diminum mengandung kafein, “kecelakaan” yang diikuti energi kafein dikombinasikan dengan karbon dioksida tinggi dan kandungan udaranya dua kali lipat.

(fzh)

  • HOT !
    Apple diketahui telah mendaftarkan sejumlah perangkat terbarunya di Eurasian Economic Community (EEC). Meski waktu peluncurannya masih belum diketahui, namun ponsel baru Apple tersebut akan hadir di tahun ini....
  • HOT !
      Asupan cairan yang berkurang saat menjalankan ibadah puasa mengakibatkan mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Dehidrasi seperti ini biasanya langsung tercermin pada kondisi bibir yang mengalami kering dan pecah pecah....
  • HOT !
    Pengguna WhatsApp di seluruh dunia tengah dihebohkan dengan adanya celah keamanan dalam platform pesan instan milik Facebook tersebut. Financial Times melaporkan bahwa fitur WhatsApp Call bisa disusupi spyware asal Israel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)