home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Telkom Akhirnya Buka Mulut Soal Pemblokiran Netflix

Rabu, 06 Maret 2019 19:30 by zia92 | 5215 hits
Telkom Akhirnya Buka Mulut Soal Pemblokiran Netflix
Image source: The Jakarta Post

DREAMERS.ID - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakaan adanya dugaan persaingan tidak sehat yang dilakukan PT Telkom Indonesia (Persero) terhadap Netflix. Menanggapi hal tersebut, Telkom pun mneyatakan akan mengikuti segala proses hukum yang berlaku.

Dugaan persaingan tidak sehat Telkom terhadap layanan penyedia acara televisi dan film tersebut berawal dari pemblokiran akses streaming Netflix oleh berbagai layanan internet anak usaha Telkom seperti, Telkomsel, IndiHome, dan Wifi.id.

"Sebagai perusahaan publik TelkomGroup senantiasa menghormati lembaga hukum dan mematuhi segala proses hukum yang berlaku," kata VP Corporate Communication PT Telkom Arif Prabowo, mengutip CNN Inodnesia pada Kamis (6/3).

Baca juga: Telkom Akhirnya Resmi Buka Blokir Netflix

Dugaan kecurangan tersebut semakin menguat lantaran anak usaha Telkom bekerja sama dengan layanan streaming lain, di mana Telkomsel bekerja sama dengan Hooq sementara IndiHome dengan iFlix. Oleh karena itu Anggota Komisioner KPPU Guntur Saragih mengatakan dugaan tersebut membuat lembaganya sudah memasukkan dugaan kecurangan Telkom terhadap Netflix ke tahap penelitian.

Guntur juga mengatakan dugaan itu masuk penelitian atas dasar inisiatif dan aduan dari masyarakat ke KPPU yang tergabung dalam gerakan change.org. Akan tetapi, Guntur mengatakan pihaknya masih memerlukan waktu untuk bisa menaikkan kasus tersebut ke tahap penyelidikan. Pasalnya belakangan ini, IndiHome sudah membuka akses terhadap Netflix.

KPPU masih harus mengetahui mengenai kesepakatan kerja sama dari masing-masing anak usaha Telkom dengan layanan streaming lainnya. Disebut pula pihaknya perlu mempelajari skema bisnis tersebut sesuai Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Dilansir dari CNN Indonesia, beberapa waktu belakangan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto menarik perhatian publik dengan kalung yang dipakai saat melakukan rapat di Bintan, Kepulauan Riau....
  • HOT !
    Kulit yang sehat, bersih dan mulus tanpa ada masalah seperti kusam dan gelap atau belang merupakan hal yang penting khususnya bagi perempuan. Apalagi jika area gelap atau belang terdapat di bagian leher. Namun, ada cara mudah untuk mengatasinya di rumah....
  • HOT !
    Sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebab memberi sumber energi untuk menjalani aktivitas. Berbagai makanan bisa jadi menu sarapan, seperti deretan makanan yang populer di Korea Selatan ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)