SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terungkap Rusia Ternyata Jadi Dalang Serangan Siber Terhadap Indonesia Sepanjang 2018

Senin, 11 Februari 2019 11:51 by nicnov | 973 hits
Terungkap Rusia Ternyata Jadi Dalang Serangan Siber Terhadap Indonesia Sepanjang 2018
Image source: Wccftech

DREAMERS.ID - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) baru saja mengeluarkan hasil laporan dari kerja sama dengan Indonesia Honeynet Project (IHP). Dalam forum Cyber Corner yang dilaksanakan di Jakarta, laporan itu lantas diberikan secara simbolis kepada perwakilan media.

Dalam sambutannya, Kepala BSSN, Djoko Setiadi menyebut kerja sama ini merupakan respon BSSN terhadap keamanan siber Indonesia. Sementara laporan ini dibuat sebagai pertanggungjawaban BSSN kepada publik.

Laporan ini tidak hanya berisi mengenai serangan malware yang menyerang Indonesia, melainkan hasil pemantauan trafik dan deteksi serangan siber termasuk malware, ditambah analisis tiga malware terbanyak.

Salah satu temuan yang paling menarik dari berbagai serangan malware ini adalah adanya laporan mengenai Rusia merupakan negara yang sering melakukan serangan siber kepada Indonesia.

Walau banyaknya serangan berasal dari Rusia, Direktur Deteksi dan Ancaman BSSN, Sulistyo menyebut bukan berarti serangan itu langsung dari negara tersebut.

Beliau menjelaskan kepada awak media pada 7 februari 2019 di Jakarta, “jadi yang kita deteksi adalah nomor internet protocol (IP), bisa jadi penyerang hanya menggunakan Rusia sebagai proxy. Belum dapat dikatakan Rusia sebagai dalang serangan siber tersebut.”

(nino)

  • HOT !
    Pesona kecantikan Irene tidak hanya mampu menghipnotis para penggemar idola K Pop saja, melainkan juga brand brand mewah untuk menjadikannya sebagai model atau brand ambassador, salah satunya adalah brand perhiasan mewah asal Italia, DAMIANI....
  • HOT !
    Stasiun Televisi Iran membatalkan siaran langsung duel dua tim Bundesliga, Bayern Munich dan Augsburg. Sebab laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus....
  • HOT !
    Banyak orang yang beranggapan jika sarapan dapat menunjang kemampuan otak dan memicu kecerdasan. Namun rupanya makan siang tak kalah penting bagi kecerdasan otak terutama anak anak, berdasarkan sebuah penelitian di India....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)