SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Cegah Pencurian Data Pengguna, Google Siapkan Alat Pelindung Password

Kamis, 07 Februari 2019 15:13 by zia92 | 973 hits
Cegah Pencurian Data Pengguna, Google Siapkan Alat Pelindung Password
Image source: Google

DREAMERS.ID - Masalah kebocoran dan pencurian data pengguna di internet masih menjadi perhatian. Untuk mencegah hal tersebut, Google dikabarkan telah meluncurkan alat yang bisa mendeteksi apabila kata kunci (password) pengguna telah dicuri dalam pembobolan data di situs tertentu.

Melansir dari CNN, alat ini akan mengingatkan pengguna untuk merubah kata sandi agar menangkal peretas untuk mengakses email. Alat yang dinamakan Password Checkup ini merupakan 'plug in' yang harus dipasang dalam Chrome. Ketika dipasang, alat ini akan memberi tahu apakah pengguna perlu merubah kata sandi atau tidak.

Cara memasang cukup mudah, pengguna cukup mengunjungi tautan berikut ini kemudian tekan 'Add to Chrome'. Setelah itu pengguna akan melihat ikon perisai di sebelah kanan browser. Saat sedang berselancar di Web, kemudian 'Password Checkup' mendeteksi bahwa pengguna menggunakan kata sandi yang telah dibobol, maka alat tersebut akan memberi peringatan untuk mengubah kata sandi pengguna.

Baca juga: Cara Menarik Warga Twitter Hingga Google Rayakan Hari Bumi Se-Dunia

"Jika kami mendeteksi bahwa nama pengguna dan kata sandi di situs yang digunakan adalah salah satu dari lebih dari 4 miliar kredensial yang kami tahu telah dibobol, ekstensi akan memicu peringatan otomatis dan menyarankan Anda mengubah kata sandi Anda," kata Google, mengutip CNBC.

Dikatakan pula bahwa ini adalah upaya Google untuk mengatasi masalah penggunaan berulang-ulang kata sandi di web. Ketika pengguna mencoba masuk ke situs web atau aplikasi melalui browser Chrome, alat akan memeriksa kata sandi terhadap basis data internal Google yang berisi miliaran kredensial login yang sudah dibobol. Jika kata sandi tersebut terdaftar ke basis data tersebut maka pengguna akan diperingatkan dan diminta untuk membuat kata sandi baru.

(fzh)

  • HOT !
    Kasus pembatalan pesanan Go Food cukup sering terjadi bahkan kisah sang mitra pengemudi menjadi viral di media sosial dan menimbulkan rasa prihatin dari netizen karena kerugian yang dialami driver....
  • HOT !
    Sebuah karya dari seniman dalam negeri mencuri perhatian banyak netizen hingga viral di media sosial. Di tangannya, barang tak terpakai seperti spanduk bekas kampanye dapat disulap menjadi jaket kekinian....
  • HOT !
    Euphoria menyambut serial ‘Game of Thrones’ musim ke 8 ikut dirayakan sejumlah brand ternama untuk meluncurkan koleksi khusus bertema ‘Game of Thrones’ tak terkecuali Havaianas. Brand yang terkenal dengan jenis produk sandal jepit ini ikut merilis sandal bertema drama fantasi itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)