home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Mata-matai Pengguna, Apple Larang Facebook Pakai iPhone untuk Program Barunya

Kamis, 31 Januari 2019 14:31 by fzhchyn | 1380 hits
Dianggap Mata-matai Pengguna, Apple Larang Facebook Pakai iPhone untuk Program Barunya
Image source: 9to5Mac

DREAMERS.ID - Facebook belum lama ini mengumumkan program baru yang dirancang untuk pengawasi pengguna yang dinamakan ‘Facebook Reasearch’. Namun Apple memastikan bahwa pihaknya melarang proyek tersebut karena dianggap menyalahi ketentuan dengan melacak dan mempelajari kebiasaan remaja menelusuri laman web.

Apple sebenarnya memang memberikan izin bagi rekanan seperti Facebook untuk melihat potensi pengguna memasang, memonitor penggunaan dan akses, serta menghapus data akun mereka pada iPhone. Namun, Apple menegaskan jika program terbaru Facebook ini telah menyalahi aturan. "Facebook menggunakan akses untuk mendistribusikan data pengguna, jelas-jelas ini sudah menyalahi kesepakatan mereka dengan Apple," tulis Apple dalam keterangan resmi seperti dilansir Reuters.

Kendati demikian, Apple memastikan larangan ini tidak akan memberikan imbas bagi pengguna. Seperti dikutip dari CNN, larangan ini akan memengaruhi internal lantaran Facebook tidak bisa mendistribusikan pengembangan aplikasi ke karyawannya sendiri.

Baca juga: iPhone 15 Baru Bisa Dipesan, Apple Dikabarkan Tengah Siapkan iPad Lipat!

Dalam sebuah pernyataan, Facebook membantah jika program yang dikembangkan sebagai upaya memata-matai pengguna dan menyebut kurang dari lima persen remaja yang terlibat telah menandatangani formulir izin dari orang tua. "(Program ini) bukan memata-matai karena semua yang mendaftar untuk berpartisipasi melalui proses yang jelas dengan meminta izin dan mendapat bayaran atas partisipasi mereka," tulis Facebook.

TechCrunch melaporkan jika Facebook sengaja membayar hingga US$20 per bulan kepada orang berusia 13 hingga 35 tahun untuk mengunduh aplikasi 'Facebook Research'. Aplikasi ini memungkinkan Facebook mengumpulkan data termasuk pesan pribadi, foto, dan video di aplikasi media sosial. Facebook juga bisa mengumpulkan data surel, pencarian web, dan aktivitas penelusuran web hingga melacak secara real-time aplikasi lainnya yang terpasang di ponsel. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)