SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Dianggap Mata-matai Pengguna, Apple Larang Facebook Pakai iPhone untuk Program Barunya

Kamis, 31 Januari 2019 14:31 by zia92 | 1289 hits
Dianggap Mata-matai Pengguna, Apple Larang Facebook Pakai iPhone untuk Program Barunya
Image source: 9to5Mac

DREAMERS.ID - Facebook belum lama ini mengumumkan program baru yang dirancang untuk pengawasi pengguna yang dinamakan ‘Facebook Reasearch’. Namun Apple memastikan bahwa pihaknya melarang proyek tersebut karena dianggap menyalahi ketentuan dengan melacak dan mempelajari kebiasaan remaja menelusuri laman web.

Apple sebenarnya memang memberikan izin bagi rekanan seperti Facebook untuk melihat potensi pengguna memasang, memonitor penggunaan dan akses, serta menghapus data akun mereka pada iPhone. Namun, Apple menegaskan jika program terbaru Facebook ini telah menyalahi aturan. "Facebook menggunakan akses untuk mendistribusikan data pengguna, jelas-jelas ini sudah menyalahi kesepakatan mereka dengan Apple," tulis Apple dalam keterangan resmi seperti dilansir Reuters.

Kendati demikian, Apple memastikan larangan ini tidak akan memberikan imbas bagi pengguna. Seperti dikutip dari CNN, larangan ini akan memengaruhi internal lantaran Facebook tidak bisa mendistribusikan pengembangan aplikasi ke karyawannya sendiri.

Baca juga: Tak Lagi Pakai 'X', Apple Dikabarkan Ubah Penamaan iPhone Terbarunya

Dalam sebuah pernyataan, Facebook membantah jika program yang dikembangkan sebagai upaya memata-matai pengguna dan menyebut kurang dari lima persen remaja yang terlibat telah menandatangani formulir izin dari orang tua. "(Program ini) bukan memata-matai karena semua yang mendaftar untuk berpartisipasi melalui proses yang jelas dengan meminta izin dan mendapat bayaran atas partisipasi mereka," tulis Facebook.

TechCrunch melaporkan jika Facebook sengaja membayar hingga US$20 per bulan kepada orang berusia 13 hingga 35 tahun untuk mengunduh aplikasi 'Facebook Research'. Aplikasi ini memungkinkan Facebook mengumpulkan data termasuk pesan pribadi, foto, dan video di aplikasi media sosial. Facebook juga bisa mengumpulkan data surel, pencarian web, dan aktivitas penelusuran web hingga melacak secara real-time aplikasi lainnya yang terpasang di ponsel. 

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Dampak buruk dari ‘Binge Watching’ memang berbahaya bagi kesehatan dan juga perilaku sosial. Karenanya kita harus bisa membiasakan diri untuk menghindari dampak negatif tersebut....
  • HOT !
    Meski tak bisa dikatakan akan segera rilis dalam waktu dekat, namun game terbaru yang menampilkan BTS sudah membuat fans sangat penasaran, terlebih setelah teaser pertamanya dirilis....
  • HOT !
    Salak merupakan salah satu buah yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Buah dengan nama latin salacca zalacca ini, memiliki rasa yang enak dan juga unik, selain itu terdapat beberapa jenis salak, seperti salak Bali, salak pondoh, dan salak gula pasir....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)