SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ngeri! Ada Bug di FaceTime iPhone yang Bisa 'Nguping' Meski Panggilan Belum Dijawab

Selasa, 29 Januari 2019 19:02 by zia92 | 1774 hits
Ngeri! Ada Bug di FaceTime iPhone yang Bisa 'Nguping' Meski Panggilan Belum Dijawab
Image source: 9to5Mac

DREAMERS.ID - Sebuah bug atau masalah yang cukup mengkhawatirkan ditemukan dalam aplikasi panggilan video FaceTime. Banyak pengguna iPhone yang melaporkan bahwa bug tersebut memungkinkan penelepon mendengar suara dari penerima, meski panggilan belum diterima atau ditolak.

Melansir dari Kompas, hal ini tidak hanya terjadi di fitur audio-only atau panggilan suara saja tapi juga panggilan video. Jadi penelepon bisa melihat situasi melalui kamera depan perangkat penerima, tanpa perlu diterima atau diangkat dulu panggilan FaceTime-nya. Tidak hanya di iPhone saja, bug ini juga menjangkiti perangkat iOS lain, seperti Mac dan iPad.

Masalah tersebut tergolong masalah privasi yang sangat menghawatirkan, karena si penerima panggilan tidak mengetahui bahwa percakapan atau suara di sekitarnya, ternyata telah diketahui si penelepon, padahal di perangkat si penerima masih berdering secara normal. Namun hal sebaliknya tidak terjadi, si penerima panggilan Facetime tidak bisa mendengar suara atau melihat video dari si pemanggil, sebelum panggilan diterima atau ditolak.

Situs 9to5Mac yang telah menguji coba bug ini dengan membuat panggilan dari iPhone X ke iPhone XR, menemukan bahwa bug itu disebut mempengaruhi perangkat yang berjalan di iOS 12.1 atau versi yang lebih baru. Mereka menguji bug Facetime dengan melakukan grup FaceTime.

Baca juga: Tak Lagi Pakai 'X', Apple Dikabarkan Ubah Penamaan iPhone Terbarunya

Skenarionya, seseorang melakukan panggilan Facetime dengan pengguna iOS lain, kemudian menambahkan kontak dirinya sendiri ke grup FaceTime. Saat menambahkan kontak lain, terdengar suara dari pengguna iOS pertama yang diundang ke FaceTime, padahal perangkat masih dalam status berdering yang masih memunculkan pilihan "Terima" atau "Tolak".

Saat seolah-olah pengguna itu sudah bergabung dengan FaceTime padahal perangkatnya masih berdering, terdengar potongan-potongan percakapan yang bisa didengar si pemanggil telepon, tanpa si penerima tahu bahwa suaranya terdengar oleh pengguna lain.  Ilustrasi bug tersebut telah diunggah dalam sebuah video oleh salah satu pengguna iPhone,  Benji Mobb melalui akun Twitter @BmManski.

Apple telah mengetahui adanya bug tersebut dan akan merilis pembaruan software dalam minggu ini. Seperti yang dikatakan di awal, bahwa bug ini juga mempengaruhi video call. Ketika si penerima panggilan video membuka perangkat dengan menekan tombol daya, orang yang melakukan panggilan video call, akan melihat cuplikan video tanpa audio dari si penerima dan tanpa si penerima mengetahuinya.

Artinya, pengguna pertama yang mengundang FaceTime bisa melihat apa yang dilakukan pengguna iOS lain yang ia hubungi melalui video FaceTime meski di perangkat si penerima masih dalam status berdering.

Sebagai upaya pencegahan sebelum Apple mengatasi masalah ini dengan merilis update software, pengguna bisa menon-aktifkan pengaturan FaceTime di perangkat iOS untuk sementara waktu. Caranya dengan membuka menu "Setting", pilih "FaceTime", dan geser tombol FaceTime menjadi "Off".

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Sepertinya Indonesia serius untuk memasuki era baru otomotif yaitu mobil listrik. Selain pemerintah yang sudah mengembangkan mobil listrik, perusahaan taksi Blue Bird Group juga sudah mulai mencoba menggunakan mobil ramah lingkungan tersebut....
  • HOT !
    Jika selama ini destinasi wisata paling terkenal di Indonesia masih dipegang oleh pulau Dewata, Bali. Kabarnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mulai menata Kawasan Kabupaten Pangandaran untuk dijadikan destinasi wisata kelas dunia....
  • HOT !
    Menemukan skincare yang tepat mungkin adalah sesuatu yang cukup sulit didapatkan bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif. Pemilik kulit sensitif biasanya sangat rentan terhadap beberapa jenis skincare, yang jika salah memilih, maka akan menyebabkan gatal, terbakar, kering, dan kemerahan pada kulit wajah. CEO Harlette Beauty, Valencia Nathania mempunyai kondisi kulit yang sensitif. Ia kemudian berbagi tips untuk memilih skincare bagi pemilik kulit sensitif. Menurutnya, ketika jerawat sedang parah hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab jerawat tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)