SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ingat! Gemuk atau Kurus Bukan Ukuran Pasti yang Tentukan Kesehatan Tubuh

Selasa, 29 Januari 2019 12:14 by zia92 | 1571 hits
Ingat! Gemuk atau Kurus Bukan Ukuran Pasti yang Tentukan Kesehatan Tubuh
Image source: popsugar

DREAMERS.ID - Selama ini, kita beranggapan bahwa tubuh yang gemuk lebih rentan terhadap penyakit seperti obesitas dan mengira kalau seseorang terlihat kurus sudah pasti sehat dan jarang mengalami masalah kesehatan. Namun faktanya, kurus atau gemuk bukanlah ukuran yang menetukan seseorang sehat atau tidak.

Spesialis gizi klinis dari RS Siloam, dr Marya Haryono, SpGK, mengatakan untuk menentukan orang gemuk atau tidak dilihat dari tinggi badan dan berat badan. Setelah itu dilakukan pengukuran untuk menentukan IMT (indeks massa tubuh) seseorang. 

"Kategori orang Asia, kalau IMT-nya antara 23-24,9 ini overweight, 25-29,9 ini obesitas grade 1, di atas 30 obesitas grade 2. Adalagi nanti kalau dengan kondisi tertentu kita sebutnya obesitas morbid," ujarnya pada Senin (28/1), mengutip Detik.

Baca juga: Alasan Mengapa Makanan Sering Dijadikan Pelampiasan Saat Stres

"Orang gemuk yang gimana? Misalnya ditimbang, oh ternyata IMT-nya 28 berarti kategorinya sudah masuk obesitas grade 1. Begitu diukur dengan pemeriksaan komposisi tubuh, lemaknya tipis ototnya banyak. Jadi dalam kategori IMT dia obesitas tapi sebenarnya dia sehat. " sambungnya.

Lain halnya dengan orang yang terlihat kurus. dr Marya menyampaikan bahwa kebanyakan dari mereka kalau dinilai dari komposisi tubuhnya, lemak yang menempel ternyata lebih banyak dari presentasenya.  "Ini biasanya yang menjadi biang kerok pengganggu metabolisme. Tidak jaminan orang yang kurus kolesterolnya nggak tinggi. jadi sebaiknya memang diperiksa lebih lanjut," tutupnya.

(fzh)

  • HOT !
    Kasus pembatalan pesanan Go Food cukup sering terjadi bahkan kisah sang mitra pengemudi menjadi viral di media sosial dan menimbulkan rasa prihatin dari netizen karena kerugian yang dialami driver....
  • HOT !
    Sebuah karya dari seniman dalam negeri mencuri perhatian banyak netizen hingga viral di media sosial. Di tangannya, barang tak terpakai seperti spanduk bekas kampanye dapat disulap menjadi jaket kekinian....
  • HOT !
    Euphoria menyambut serial ‘Game of Thrones’ musim ke 8 ikut dirayakan sejumlah brand ternama untuk meluncurkan koleksi khusus bertema ‘Game of Thrones’ tak terkecuali Havaianas. Brand yang terkenal dengan jenis produk sandal jepit ini ikut merilis sandal bertema drama fantasi itu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : ayurini59
Cast : Kang Minhyuk & Krystal Jung

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)