SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Facebook Berencana 'Satukan' WhatsApp, Instagram, dan Messenger

Senin, 28 Januari 2019 14:05 by zia92 | 1447 hits
Facebook Berencana 'Satukan' WhatsApp, Instagram, dan Messenger
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg belum lama ini mengejutkan banyak orang dengan menyatakan idenya untuk ‘menyatukan’ tiga layanan, WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger.

Namun bukan benar-benar disatukan secara harfiah, melainkan dimodifikasi sehingga bisa saling kirim pesan meskipun berbeda layanan. Jadi misalnya pengguna WhatsApp, akan dapat bertukar pesan dengan pemakai Instagram dan sebaliknya. 

Hanya saja kemampuan semacam ini membuat engineer Facebook dikabarkan bekerja keras untuk menyelesaikan beragam masalah teknis. Lantaran mereka harus melakukan penyusunan ulang software ketiga layanan tersebut sehingga dapat terintegrasi, dan itu dikabarkan sangat rumit. 

Apalagi Zuckerberg juga meminta trio aplikasi messaging itu semuanya memiliki fitur penyandian end to end sehingga menjamin keamanan pesan yang terkirim. Mengutip Detik, rencana tersebut masih berada dalam tahap awal. Diperkirakan, proyeknya baru akan selesai pada akhir tahun 2019 ini atau malah awal tahun 2020.

Baca juga: Teknologi E-Wallet Berkembang Pesat, Facebook dan WhatsApp Dikabarkan Rilis Fitur Pembayaran Digital

Tentu ada tujuan khusus mengapa bos Facebook yang kerap disapa Zuck itu berencana mengintegrasikan WhatsApp, Instagram serta Facebook Messenger. Nantinya, pengguna ketiga layanan tersebut dapat saling berkirim pesan dan mungkin ada kemampuan lainnya.

"Sampai saat ini, WhatsApp, Instagram dan Messenger dijalankan sebagai produk terpisah dan saling berkompetisi. Mengintegrasikannya mungkin akan menyederhanakan tugas Facebook. Mereka tak perlu mengembangkan versi kompetisi dari fitur baru seperti Stories, yang ditambahkan ke ketiganya dengan hasil tak konsisten," sebut Chris Fox, wartawan teknologi BBC.

Zuck mungkin ingin membuat tiga aplikasi andalannya itu lebih bermanfaat dan membuat orang makin betah mengaksesnya. Dengan bersatu, mereka juga lebih kuat menghadapi kompetitor seperti layanan messaging Google atau Apple.

"Kami ingin membangun pengalaman messaging terbaik yang kami bisa dan orang-orang juga ingin mengirim pesan dengan cepat, sederhana, andal dan privat," kata Facebook mengenai kabar tersebut.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Selain tak ramah lingkungan karena kebanyakan menggunakan plastik, jenis minuman yang mengandung pemanis dan karbonasi memang telah lama dianggap tidak menyehatkan. Dan karena alasan tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani berencana untuk mengenakan tarif cukai pada produk berkemasan plastik serta produk minuman berpemanis dan berkarbonasi....
  • HOT !
    Indonesia Fashion Chamber (IFC) kembali menggelar Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2020. Pagelaran busana muslim tahunan ini digelar untuk ke lima kalinya bertempat di Jakarta Convention Center pada 20 hingga 23 Februari 2020....
  • HOT !
    Perayaan hari kasih sayang yang bisa dikenal dengan Valentine memang kerap menjadi momen untuk memberikan hadiah kepada orang terkasih, bisa dari keluarga maupun kepada pasangan. Hari Valentine sendiri tentu tidak bisa dilepaskan dari makanan berasa manis, salah satunya cokelat....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)