home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Viral #10YearsChallenge di Media Sosial, Benarkah Ada Bahaya di Balik Tantangan Ini?

Kamis, 17 Januari 2019 11:00 by fzhchyn | 1707 hits
Viral #10YearsChallenge di Media Sosial, Benarkah Ada Bahaya di Balik Tantangan Ini?
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Media sosial dalam beberapa hari belakangan ini tengah diramaikan dengan hashtag #10YearsChallenge. Banyak pengguna di Facebook, Twitter, dan Instagram memposting foto masa lalu mereka 10 tahun yang lalu dan menyandingkannya dengan foto saat ini.

Di tengah keseruan netizen menertawakan transformasi diri sendiri dari masa lalu dan sekarang membuatnya sebagai meme, namun ada pula yang menyoroti potensi bahaya keamanan yang mengintai di balik tantangan tersebut.

Adalah penulis teknologi Kate O'Neill yang mengemukakan teori bahwa tantangan #10YearsChallenge ini merupakan bentuk panen data foto, yang bisa dimanfaatkan untuk menguji algoritma teknologi pengenalan wajah atau usia seseorang lewat foto.

Ia mengatakan bahwa viralnya hashtag #10yearschallenge memudahkan orang lain mendapatkan foto yang dibagikan dan memanfaatkannya untuk tujuan yang tidak relevan. Demikian juga ketika digunakan untuk menguji algoritma teknologi pengenalan wajah. Orang bisa menggunakannya untuk berbagai macam tujuan, dari yang "remeh" seperti untuk menarget iklan yang lebih relevan demi meraup keuntungan, hingga disalahgunakan untuk kejahatan.

"Penggunaan pengenalan wajah secara luas masuk akal dan menunjukkan tren yang harus disadari orang. Sebaiknya pertimbangkan potensi kedalaman dan luasnya jangkauan data pribadi yang kita bagikan tanpa syarat," kata O'Neill.

Baca juga: Bicara ‘Ngawur’ Preskon Joe Biden Sampai Dihentikan Staf

Namun pendapat berbeda disampaikan pakar keamanan dari Vaksincom, Alfons Tanujaya. Menurutnya, tantangan menampilkan foto lama 10 tahun lalu itu tidak berisiko terhadap keamanan data. "Itu hanya foto lama dan foto baru yang digabungkan, lalu diposting dengan hashtag #10yearschallenge. Tidak apa-apa," kata Alfons, mengutip Detik

Alfons mengingatkan, lucu-lucuan di media sosial akan mengancam keamanan jika bentuknya adalah aktivitas yang meminta akses ke akun medsos kita, seperti kuis-kuis 'Nasihat Ibu Susi' yang sempat viral beberapa waktu lalu. "Kalau ada apps atau site-nya, itu yang harus diperhatikan. Biasa celah keamanannya di situ," sebutnya. 

Kecurigaan hashtag #10yearschallenge digunakan untuk panen data dan menyempurnakan algoritma pengenalan wajah pun menurutnya tidak relevan.  "Data sekarang sudah berlebihan dan tidak kurang kalau untuk data seperti yang dimaksudkan. Data untuk itu sudah bisa didapatkan dan tidak perlu pakai #10yearschallenge untuk menyempurnakan algoritma face recognition," jelasnya. 

"Intinya, kalau ada yang suruh kita pakai-pakai apps atau harus masuk site tertentu, itu yang harus dihindari. Kalau semua dari kita, dari sisi security komputer, aman," sambungnya. Dikatakannya, viral #10yearschallenge adalah fenomena lucu-lucuan yang mengingatkan Facebook dulu begitu menyenangkan. "Membantu kita throwbackdan introspeksi," ucap Alfons.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)