SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Ada Penyebab Makanan di Pesawat Selalu Terasa Aneh

Jumat, 11 Januari 2019 12:00 by bellaevania | 2395 hits
Ternyata Ada Penyebab Makanan di Pesawat Selalu Terasa Aneh
Image Source: Kumparan

DREAMERS.ID - Banyak yang bilang makan makanan dengan menu yang paling enak sekalipun akan terasa aneh ketika berada di pesawat. Ternyata ada alasan tersendiri mengapa rasa makanan ketika terbang di pesawat berbeda ketika dinikmati di daratan.

Menurut ahli nutrisi, Herbert Stone, rasa aneh dan berbeda makanan dipesawat disebabkan oleh suhu udara yang dingin dalam pesawat. Saat suhu udara dingin maka makanan tidak akan terasa. Selain memengaruhi rasa, tekanan udara dalam kabin juga menurunkan kadar oksigen darah sehingga mempengaruhi kemampuan penciuman.

Sebab itu, bau dan rasa makanan dan minuman di pesawat tidak akan sama seperti di daratan. "Kelembaban dan sirkulasi udara yang rendah akan mengeringkan saluran hidung dan ini mengurangi bau dan kepekaan rasa," kata Stone, dikutip dari CNNIndonesia.

Sementara penelitian dari Fraunhofer Institute for Building Physics mengungkapkan ketinggian di atas pesawat juga mendukung perubahan rasa. Rasa garam akan berkurang 20 hingga 30 persen dan rasa gula berkurang 15 hingga 20 persen. "Di udara, Anda kehilangan hampir 70 persen indra perasa Anda," kata wakil presiden AeroMexico untuk produk dalam pesawat, Antonio Fernandez.

Meski kepekaan rasa berkurang, beberapa makanan dengan cita rasa pedas, rasa gurih seperti pada keju dan daging, serta rasa yang cukup kuat seperti kari Thailand atau Korea akan terasa sama. Sebaliknya, makanan dengan rasa yang tidak kuat seperti ikan, pasta, dan ayam cenderung kehilangan rasa.

(bef)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)