SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Penelitian Ungkap Gara-Gara Media Sosial Remaja Perempuan Lebih Mudah Depresi?

Jumat, 04 Januari 2019 17:33 by bellaevania | 2260 hits
Penelitian Ungkap Gara-Gara Media Sosial Remaja Perempuan Lebih Mudah Depresi?
Image Source: The Guardian

DREAMERS.ID - Depresi adalah gangguan mental yang bisa terjadi karena banyak hal. Penelitian terbaru mengungkapkan kini media sosial menjadi salah satu faktor timbulnya depresi yang terutama menyerang remaja perempuan.

Millennium Cohort Study melakukan penelitian lewat wawancara dengan sekitar 11 ribu anak berusia 14 tahun. Hasil penelitian menemukan bahwa remaja perempuan lebih mudah depresi karena menghabiskan waktu lebih banyak di media sosial dibandingkan laki-laki.

"Hubungan antara media sosial dan gejala depresi lebih kuat di remaja perempuan dibanding laki-laki. Untuk remaja perempuan, semakin lama memakai media sosial maka semakin meningkat juga gejala depresinya," kata Yvonne Kelly, ketua penelitian dari University College London, dikutip dari Guardian melalui CNN Indonesia.

Baca juga: Mekanisme 'Tak Lazim' Tsunami Palu Sebabkan Kekeliruan Peringatan Dini Terungkap Karena Media Sosial

Setidaknya 2 dari 5 remaja perempuan bermain media sosial minimal tiga jam per hari, data ini dibandingkan dengan lima teman laki-lakinya. Sementara itu 1 dari 10 remaja pria tidak menggunakan media sosial sama sekali. Sedangkan hanya 4 persen remaja putri yang tidak menggunakan media sosial.

Selain depresi, media sosial juga membuat para remaja perempuan memiliki percaya diri yang rendah, tidak bahagia dengan penampilan mereka, dan mengalami kekurangan tidur.

(bef)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)