SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal Berbagai Jenis Masker, Mana yang Paling Efektif Tangkal Abu Vulkanik?

Rabu, 02 Januari 2019 12:04 by zia92 | 2160 hits
Mengenal Berbagai Jenis Masker, Mana yang Paling Efektif Tangkal Abu Vulkanik?
Image source: Business Insider

DREAMERS.ID - Peristiwa erupsi Gunung Anak Krakatau beberapa waktu yang lalu telah menyebabkan sebaran debu yang bisa mencapai ketinggian 10 meter. Hal ini patut diwaspadai oleh masyarakat sebab menghirup abu vulkanik dalam jangka panjang bisa merusak saluran pernapasan.

Untuk melindungi diri dari terhirup abu vulkanik, berikut pilihan masker yang bisa kamu pilih melansir dari Detik.

1. N95

Masker udara tipe ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk melindungi diri dari partikel abu vulkanik. Masker jenis ini dapat menyaring hingga 95 persen partikel berbahaya yang cenderung tinggal lebih lama di udara dan lebih mungkin terhirup.

Namun yang perlu diperhatikan adalah penggunaan masker N95 yang terlalu lama bisa menyebabkan sesak napas karena akan memperketat daerah pernapasan. Harga untuk masker ini dengan merek tertentu berkisar antara Rp. 25.000-40.000 yang dijual di toko online maupun apotek terdekat.

2. N99

Baca juga: Garam Dapat Menghilangkan Bekas Jerawat dan Noda Hitam Pada Wajah? Intip Caranya!

Agak berbeda dengan sebelumnya, masker jenis ini mampu menyaring partikel debu hingga 99 persen. Namun, masker ini tidak tahan terhadap minyak dan bahan pencemar lainnya. Meski harganya agak mahal yakni berkisar Rp. 100.000,-an keatas, namun masker N99 memiliki kualitas tinggi yang mampu memberikan kenyamanan sebab memiliki filter udara sehingga napas tidak akan terlalu sesak.

3. Kain basah

Bila tidak memiliki masker yang harus digunakan segera, kain basah juga bisa dipakai untuk menyaring debu abu vulkanik. Memang tidak akan semaksimal masker, namun tidak ada salahnya digunakan untuk pertahanan pertama. Tetapi harus diingat bahwa penggunaan kain basah untuk pengganti masker dalam waktu yang lama tidak dianjurkan karena sifatnya yang lembab dan bisa menimbulkan kuman.

4. Masker bedah

Masker ini adalah jenis yang paling mudah dijumpai. Surgery mask atau masker bedah bisa melindungi saluran pernapasan dari abu vulkanik. Sering pula disebut masker 'ojol' karena banyak dipakai sebagai perlengkapan standar ojek online.

Jenis masker ini memiliki kemampuan untuk menyaring udara sekitar 65 persen, tidak sebanyak jenis lainnya dan tidak dapat digunakan berkali-kali. Jadi, penggunaannya tetap harus dibatasi dan selalu ganti secara berkala. Harga untuk masker ini berkisar antara Rp 7.000-10.000 untuk satu kemasan yang berisi 3-4 buah.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Fenomena virus corona, atau virus Wuhan semakin meresahkan masyarakat diberbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia. Walaupun belum terdapat vaksin dan obat untuk menyembuhkan penyakit tersebut, namun masyarakat dapat mencegahnya....
  • HOT !
    Korea Selatan diketahui memang memiliki banyak jenis mie yang lezat dan wajib dicoba jika kamu berkunjung ke negara para ‘oppa’ tersebut. Salah satu kuliner berbahan dasar mie yang cukup populer di sana adalah Kalguksu....
  • HOT !
    Kang Daniel terpilih menjadi wajah terbaru untuk promosi brand sepatu PUMA, menggantikan BTS. Foto foto yang menampilkan koleksi terbaru PUMA x Kang Daniel baru saja dirilis dengan kampanye bernama RS X CUBE....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : Msbeom17
Cast : L Infinite, Park Jiyeon T-ara, JB Got7, Yoo Seung Ho, Krystal F(x)

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)