SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Semangka Ternyata Bukan Buah, Simak Fakta Unik Tentang Sayur dan Buah yang Belum Kamu Tahu

Kamis, 03 Januari 2019 10:07 by zia92 | 1573 hits
Semangka Ternyata Bukan Buah, Simak Fakta Unik Tentang Sayur dan Buah yang Belum Kamu Tahu
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Terkadang kita sering tak mempedulikan apakah buah dan sayur yang kita makan sehari-hari termasuk golongan yang sebenarnya taau tidak. Namun tak ada salahnya untuk mengetahui fakta menarik dari buah dan sayur yang ternyata tak pernah kita duga ini.

Fakta soal tomat masuk dalam kategori buah memang sudah umum diketahui. Tapi kalau soal alpukat yang masuk famili buah beri hingga semangka yang digolongkan dalam sayuran pasti belum banyak yang tahu. Berikut adalah beberapa fakta unik tentang buah dan sayur mengutip This Is Insider.

1. Alpukat
Penggemar alpukat wajib tahu kalau alpukat masuk ke dalam kategori buah beri. Hal itu terungkap lewat biji yang ada di dalam alpukat. Biji besar itu jadi pertanda kalau itu merupakan biji beri. Hanya saja ukurannya lebih besar. 

2. Tomat
Banyak yang meyakini kalau tomat masuk dalam kategori buah-buahan. Sebab tumbuhan yang memiliki biji memang dikategorikan sebagai buah. Tapi di wilayah New Jersey, Amerika Serikat, tomat diklasifikasikan ke dalam jenis sayuran. Sebab di tahun 1893, tomat masuk dalam peraturan tarif dagang sayuran di sana.

3. Buncis
Jika ditanya buncis masuk kategori sayur atau buah, pasti banyak yang menjawab sayuran karena sering dijadikan bahan pelengkap pembuatan ragam jenis sayur. Padahal, buncis mengandung biji dan masuk dalam kategori buah. "Buah-buahan merupakan sebuah struktur yang mengandung biji. Dan buncis pada dasarnya merupakan polong yang mengandung biji di dalamnya," jelas Toby Adams selaku direktur Edible Academy, New York Botanical Garden. 

4. Semangka
Manis, mengandung banyak air, dan terpenting memiliki biji di dalamnya menjadikan semangka masuk kategori buah. Tapi siapa sangka kalau di wilayah Oklahoma, semangka masuk dalam kategori sayuran.  Di sana, semangka, mentimun hingga labu masuk dalam rumpun Cucurbitaceae. Tak hanya itu, di sana semangka bahkan ditanam layaknya sayuran. 

5. Terong
Terong ternyata masuk dalam keluarga beri. Itu berkat biji mungil dalam terong yang aman dikonsumsi. Sama seperti buah beri lain yang bijinya aman dikonsumsi. Layaknya tomat dan kentang, terong masuk dalam keluarga nightshade.

6. Zaitun 
Minyaknya sering dijadikan sebagai bahan penyedap salad hingha pizza. Meski punya rasa yang gurih, zaitun masuk dalam kategori buah-buahan. Mereka tak hanya terbentuk dari ovarium bunga, tapi bagian bawahnya yang berlubang membuat mereka berbuah.

7. Jagung 
Jagung bisa masuk dalam kategori buah ataupun sayuran. Jagung masuk kategori sayuran jika dinikmati bersama tongkolnya. Bonggol jagung sendiri merupakan tempat menempelnya biji atau bulir jagung. Nah, bulir jagungnya sendiri bisa diklasifikasikan dalam kategori buah-buahan.

(fzh)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)