home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Sampai Ada Gugatan, Konsumen Adukan Dugaan Kecurangan Tiga E-Commerce Terkenal Ini

Senin, 17 Desember 2018 22:28 by reinasoebisono | 2309 hits
Sampai Ada Gugatan, Konsumen Adukan Dugaan Kecurangan Tiga E-Commerce Terkenal Ini
Dreamers.id

DREAMERS.ID - Perilaku berbelanja masyarakat kekinian nan milenial telah berubah dengan hadirnya berbagai platform belanja online yang memudahkan. Tanpa harus berkunjung ke toko langsung, pembeli bisa mendapatkan berbagai barang yang bahkan masih jarang ditemui di gerai.

Tapi soal kepuasan dan keamanan belum tentu terjamin, dibuktikan dengan banyaknya pengaduan konsumen soal dugaan keucurangan yang dilakukan oleh platform e-commerce.

Keluhan konsumen belanja online ini didapatkan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dari periode Januari hingga Desember 2018. pengaduan belanja online nomor dua tertinggi setelah aduan mengenai pembiayaan perumahan. 

Mayoritas aduan soal belanja online bahkan ikut menyeret nama platform e-commerce besar, seperti Traveloka, Lazada, dan Tokopedia.

"Paling banyak Traveloka, karena sampai ada gugatan. Nah kalau sampai ada gugatan itu biasanya ke Singapura," tegas Wakil Ketua BPKN Rolas Sitinjak.

Meski mengaku tak bisa merinci lebih lanjut jumlah masing-masing aduan dari e-commerce tersebut, ia mencontohkan kasus dugaan kecurangan yang dilakukan karyawan Tokopedia melalui program flash sale. 

Pada Mei lalu, salah satu pelanggan Tokopedia bernama Yudishtira mengaku kartu kreditnya sudah tertagih pembayaran untuk pembelian flash sale di Tokopedia. Padahal, status transaksinya belum dianggap berhasil di Tokopedia.

"Iya kalau telpon bank-nya pembayaran sudah sukses, tapi transaksinya tidak muncul, tidak ada kabar," katanya.

Meningkatnya kasus dugaan kecurangan ini juga berbanding lurus dengan perkembangan teknologi. Artinya, semakin banyak pula masyarakat memilih untuk belanja di e-commerce dibanding datang ke tokonya langsung.

Via laman CNN, berbagai pengaduan terhadap e-commerce ini juga harus dilihat dari cara mereka menangani masalah. Karena menurut Ketua Umum Indonesia E-commerce Asociation (IdEA) Ignatius Untung platform belanja online pasti menginginkan platform mereka berjalan lancar dalam memuaskan pelanggan.

Namun tetap saja ia mengingatkan masyarakat sebagai konsumen belanja online untuk waspada, terutama pada platform yang tidak merespon masalah atau pun berbelit-belit dalam penyelesaian kesalahan transaksi.

(rei)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)