SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Tak Hanya Kegemukan dan Diabetes, Kelebihan Lemak Juga Berisiko Kanker Payudara

Rabu, 12 Desember 2018 08:13 by zia92 | 1396 hits
Tak Hanya Kegemukan dan Diabetes, Kelebihan Lemak Juga Berisiko Kanker Payudara
Image source: Vogue Freak

DREAMERS.ID - Kelebihan lemak pada tubuh sering dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit, seperti kardiovaskular atau diabetes. Namun menurut penelitian terbaru, justru ditemukan adanya hubungan antara tingginya kadar lemak dalam tubuh dengan risiko kanker payudara.

"Kami menemukan bahwa kelebihan lemak tubuh pada mereka yang telah memasuki masa menopause dengan indeks massa tubuh normal berhubungan dengan risiko kanker payudara yang bergantung pada estrogen," ujar salah seorang penulis studi, Andrew Dannenberg, seperti dikutip dari CNN.

Kanker payudara yang bergantung pada estrogen kerap juga disebut sebagai ER-positive breast cancer. Kanker muncul saat reseptor protein atau sel melekat pada hormon estrogen dan bergantung padanya untuk tumbuh.

Baca juga: Sudah Tahu? Begini Posisi Tubuh yang Salah dan Tepat Saat Gunakan Gadget

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal JAMA Oncology ini melibatkan lebih dari 3 ribu wanita Amerika berusia 50-70 tahun dan telah memasuki masa menopause.  Mereka menjalani pengecekan tubuh di awal program. Sebanyak 146 dari sekitar 3 ribu wanita terdeteksi mengidap ER-positive breast cancer. Dari hasil pengecekan awal, peneliti mencoba melihat hubungan antara kelebihan lemak dan perkembangan sel kanker.

Hasilnya, dalam setiap lima kilogram peningkatan lemak tubuh, risiko kanker meningkat sebanyak 35 persen. Sedangkan kenaikan lima kilogram pada torso berkaitan dengan peningkatan risiko kanker sebesar 56 persen. "Bahkan ketika Anda memiliki indeks massa tubuh normal, risiko kanker bisa saja meningkat," ujar Dannenberg. Indeks massa tubuh atau body mass index (BMI) dikatakan normal bila berada di antara angka 18,5 dan 24,9.

(fzh)

  • HOT !
    Tidak sedikit selebriti wanita Korea yang dijadikan model untuk mengenakan koleksi terbaru dari berbagai brand kelas dunia. Seperti Chanel yang menjadikan Jennie BLACKPINK dan Kim Go Eun sebagai sosok yang secara tidak langsung mempromosikan produknya....
  • HOT !
    Mengambil foto portrait memang susah susah gampang dan tentunya tak bisa disamakan saat kita mengambil foto landscape. Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan jepretan portrait yang bagus adalah sudut foto atau angle....
  • HOT !
    Bintang Keeping Up With The Kadarshians, Kylie Jenner baru baru ini mengungkapkan rahasia bentuk tubuhnya yang langsing meski setelah melahirkan putri pertamanya, Stormi. Fyi, pengusaha muda ini diketahui tidak suka olahraga....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)