SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Yuk, Perhatikan Etika-etika Ini Saat Sedang Batuk Agar Orang Lain Tidak Ikut Tertular

Kamis, 06 Desember 2018 13:09 by noudi0501 | 1729 hits
Yuk, Perhatikan Etika-etika Ini Saat Sedang Batuk Agar Orang Lain Tidak Ikut Tertular
Image source: health.detik.com

DREAMERS.ID - Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, risiko terkena penyakit seperti flu dan batuk akan meningkat. Jika sudah terserang batuk, bukan hanya diri kita yang terganggu. Tetapi, orang sekitar pun akan merasa kurang nyaman karena takut bisa tertular.

Menurut penelitian, sekitar 50 persen orang merasa terganggu ketika rekan mereka terkena batuk. Bahkan, mereka akan menghindar sejauh-jauhnya jika mendapati seseorang sedang batuk.

Agar virusnya tidak menular ke orang lain, inilah beberapa etika yang bisa diperhatikan ketika sedang batuk dilansir dari detikHealth dan laman Healthista.

Tissue atau Sapu Tangan 


Image source: health.detik.com

 

Jangan letakkan tangan di mulut ketika batuk karena virus akan lebih mudah menyebar. Baiknya, selalu sediakan tisu atau sapu tangan jika sedang batuk. Tisu akan lebih higienis karena sifatnya yang sekali pakai-buang. Kalau nggak sadar pakai tangan, segera cuci tangan atau bersihkan menggunakan hand sanitizer.

Jabat Tangan


Image source: health.detik.com

Baca juga: Tips Memulai Kembali Beraktivitas dengan Semangat Usai Libur Lebaran

Sekitar 83 persen orang yang sedang batuk terkadang tidak sadar dan merasa senang-senang saja ketika ditawari untuk berjabat tangan dengan rekannya. Kalau sedang batuk, bilang saja sejujurnya jadi tidak usah jabat tangan dulu. Bukan bermaksud tak sopan, tapi lebih baik mencegah daripada menularkan ke orang lain.

Balikkan Badan 


Image source: health.detik.com

Jika situasinya sedang bertemu dengan seseorang atau sedang mengikuti rapat, balikkan badan sedikit jika akan batuk. Bisa juga dengan memundurkan kursi atau berjalan mundur selangkah agar orang lain tidak merasa terganggu dan takut tertular virus.

Konsumsi Vitamin C


Image source: health.detik.com

Konsumsi vitamin C ketika sedang batuk seperti jeruk dapat menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi. Vitamin C juga bisa meredakan nyeri di tenggorokan karena batuk yang lama serta juga bisa mendorong sistem kekebalan dan pertahanan tubuh untuk melawan virus dan bakteri.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbakarnya gedung studio animasi Kyoto Animation atau KyoAni di Jepang menuai duka dari masyarakat dunia, terutama pecinta anime. Karena perlu diketahui dan mungkin tidak disadari, studio animasi ini memang menelurkan banyak judul dan karya terkenal....
  • HOT !
    Pecinta bubble tea nampaknya harus mulai mengurangi konsumsi minuman ini. Boba atau bola tapioka yang dijadikan tambahan dalam berbagai jenis minuman dan makanan yang populer ini punya kandungan gula yang tinggi dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan....
  • HOT !
    Perangkat terbaru Realme X siap diboyong ke Indonesia pada 25 Juli mendatang. Sebelumnya, perangkat ini telah dipamerkan di Beijing, China pada 15 lalu. Tak hanya varian reguler, Realme juga memastikan kehadiran edisi khusus Realme X Spider Man: Far From Home untuk penggemar karakter superhero tersebut di tanah air....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)