home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Masuk Daftar 'Dessert' Terenak di Dunia, Cendol Justru Diklaim Dari Singapura!

Rabu, 05 Desember 2018 13:30 by noudi0501 | 2098 hits
Masuk Daftar 'Dessert' Terenak di Dunia, Cendol Justru Diklaim Dari Singapura!
Image source: food.detik.com

DREAMERS.ID - Baru-baru ini cendol masuk ke dalam daftar 50 hidangan penutup (dessert) terenak dari seluruh dunia. Tapi cendol justru diklaim berasal dari Singapura.

Setelah perdebatan tentang budaya kuliner kaki lima atau hawker centre yang diperebutkan Singapura dan Malaysia, kini dua negara ini kembali berdebat tentang cendol.

Dilansir World of Buzz (03/12), es cendol merupakan hidangan penutup yang populer di Malaysia, Singapura, hingga Indonesia. Baru-baru ini CNN Travel mengeluarkan daftar berisi 50 hidangan penutup terbaik yang ada di seluruh dunia.


Image source: food.detik.com

Cendol masuk ke dalam daftar tersebut, namun Singapura disebut sebagai negara asal cendol. Tak heran daftar ini menimbulkan perdebatan di antara negara Malaysia dan Singapura.

CNN Travel menjelaskan bahwa es cendol ini terdiri dari santan manis yang disajikan dengan sirup gula merah dan jelly hijau pandan yang terbuat dari tepung beras yang kenyal. Meski menyebutkan asal negara Singapura, tapi CNN menambahkan bahwa cendol dapat ditemukan di negara Asia Tenggara lainnya.

CNN Travel menambahkan pihaknya sengaja memilih cendol khas Singapura yang ditambahkan kacang merah di dalamnya. Namun, menurut orang Malaysia, cendol di negara mereka juga menggunakan kacang merah.


Image source: food.detik.com

Baca juga: 5 Jenis Makanan Ini Akan Menjadi Tren di Tahun 2021

"CNN Travel seharusnya menyewa orang yang lebih paham tentang hal ini. Daftar ini membuat marah banyak orang Malaysia. Anda seharusnya lebih sensitif terhadap budaya di wilayah ini. Cendol bukan berasal dari Singapura," tulis seorang netizen di Twitter.

Cendol sendiri memang diklaim berasal dari negara Malaysia. Tapi banyak juga orang yang beranggapan bahwa asal usul cendol ini masih belum pasti. Karena cendol dapat juga ditemukan di Indonesia, dan dipercaya berasar dari bahasa Sunda Jawa yaitu 'jendol'.

"Diantara negara Malaysia atau Singapura, cendol pasti berasal dari negara Malaysia. Tapi cendol aslinya bisa jadi berasal dari pulau Jawa, yang berada di Indonesia," tutur netizen lainnya.

Menurut iFood, kata cendol pertama kali muncul di wilayah Malaysia pada tahun 1932. Sehingga ketika cendol diklaim berasal dari Singapura, banyak warga Malaysia yang geram dan tak terima.

Hingga saat ini belum ada penjelasan lebih lanjut dari CNN Travel yang menanggapi perdebatan asal muasal cendol. Tapi yang pasti, cendol merupakan hidangan manis tradisional yang populer di wilayah Asia Tenggara.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)