SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Perlukah Pemberian Antibiotik Saat Sakit? Begini Penjelasan Dokter

Jumat, 16 November 2018 11:16 by noudi0501 | 2625 hits
Perlukah Pemberian Antibiotik Saat Sakit? Begini Penjelasan Dokter
Image source: health.detik.com

DREAMERS.ID - Pemberian antibiotik sebenarnya penting untuk membunuh atau menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi. Tetapi, pemberian antibiotik tidak boleh sembarangan.

Dilansir dari laman DEtik, menurut spesialis mikrobiologi klinik dari Universitas Indonesia, dr Erni Nelwan SpPD, antibiotik hanya diberikan pada kecurigaan penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Banyak hal yang bisa membuat kita sakit seperti jamur atau virus yang sebenarnya tidak perlu antibiotik. 

Baca juga: Jenis Makanan yang Perlu Dihindari dan Tips Lainnya Agar Tak Bau Mulut Saat Puasa

"Kita tinggal di daerah tropis, kita menyadari bahwa banyak penyakit yang akan bisa ditularkan. Taruhlah misalnya demam dan trombosit kita naik, itu bisa ada 15-20 penyakit yang bisa terjadi dan kemungkinan butuh antibiotik hanya 1 atau 2 penyakit saja," katanya saat dijumpai di RS Universitas Indonesia, Depok, Kamis (15/11/2018).

Mayoritas masyarakat terkadang mengira dengan antibiotik semua penyakit bisa sembuh, padahal dampaknya ketika mengonsumsi antibiotik dengan jumlah banyak dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

"Tubuh juga punya imunitas, jadi tidak semua penyakit butuh antibiotik. Kalau hanya sakit tenggorokan, flu biasa nggak perlu antibiotik. Kecuali dalam 3 hari sakitnya enggak sembuh, itu tentu harus periksa ke dokter dulu," tutupnya.

(nou)

  • HOT !
    Apple diketahui telah mendaftarkan sejumlah perangkat terbarunya di Eurasian Economic Community (EEC). Meski waktu peluncurannya masih belum diketahui, namun ponsel baru Apple tersebut akan hadir di tahun ini....
  • HOT !
      Asupan cairan yang berkurang saat menjalankan ibadah puasa mengakibatkan mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Dehidrasi seperti ini biasanya langsung tercermin pada kondisi bibir yang mengalami kering dan pecah pecah....
  • HOT !
    Pengguna WhatsApp di seluruh dunia tengah dihebohkan dengan adanya celah keamanan dalam platform pesan instan milik Facebook tersebut. Financial Times melaporkan bahwa fitur WhatsApp Call bisa disusupi spyware asal Israel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)