SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Google Pastikan Fitur Dark Mode Bisa Hemat Baterai Ponsel Android

Selasa, 13 November 2018 16:41 by zia92 | 1732 hits
Google Pastikan Fitur Dark Mode Bisa Hemat Baterai Ponsel Android
Image source: CNET

DREAMERS.ID - Fitur Dark Mode untuk perangkat Android akhirnya diperkenalkan Google di acara Android Dev Summit pada 8 November lalu. Berdasarkan data yang dipaparkan Google, mode gelap ini bisa menghemat baterai hingga 43 persen ketika ponsel menggunakan kecerahan maksimal dibanding menggunakan mode normal.

Mode gelap sendiri sudah lama dinantikan oleh pengguna Android, sebab dengan menggelapkan sebagian besar layar, tentu akan mengurangi konsumsi baterai.  Fungsi Dark Mode ini diterapkan pada sistem operasi dan aplikasi untuk mengubah warga pada tampilan ponsel agar berwarna gelap.

Terutama pada aplikasi-aplikasi yang banyak menggunakan warna putih sebagai latar mereka, seperti YouTube misalnya. Mengutip CNN, konsumsi baterai terbesar ponsel memang terletak pada layar. Baik untuk menyalakan layar (terutama jika layar mesti mengeluarkan berwarna cerah), termasuk energi yang dibutuhkan untuk mengenali sentuhan di layar.

Baca juga: Harga Lebih Murah, Google Terang-terangan Sindir Kualitas Foto iPhone X

Selain itu, ponsel dengan layar OLED akan bisa menghemat daya lebih besar dengan adanya mode gelap ini. Sebab layar OLED, benar-benar mematikan pixel mereka ketika menampilkan warna hitam. Sementara layar LCD biasa memiliki backlight yang selalu menyala, meski ketika menampilkan warna hitam. Sehingga pada LCD, warna hitam yang ditampilkan seperti tersaput dan tidak tampak terlalu pekat. Mode ini juga lebih ramah di mata ketika pengguna ada di lingkungan yang gelap.

Google bahkan mengakui kesalahannya yang mendorong para pengembang untuk menggunakan warna putih untuk aplikasi mereka, termasuk aplikasi Google sendiri.  Opsi ini bisa diaktifkan pada OS Android dan berbagai aplikasi. Tapi aplikasi yang tidak memberikan pilihan dark mode akan tetap menggunakan warna putih sebagai latar utama. Youtube dan Android Messege kabarnya sudah mendapat opsi fungsi ini. Fungsi ini kabarnya juga akan diterapkan pada aplikasi Google lain yang ada di iOS.

(fzh)

  • HOT !
    Apple diketahui telah mendaftarkan sejumlah perangkat terbarunya di Eurasian Economic Community (EEC). Meski waktu peluncurannya masih belum diketahui, namun ponsel baru Apple tersebut akan hadir di tahun ini....
  • HOT !
      Asupan cairan yang berkurang saat menjalankan ibadah puasa mengakibatkan mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Dehidrasi seperti ini biasanya langsung tercermin pada kondisi bibir yang mengalami kering dan pecah pecah....
  • HOT !
    Pengguna WhatsApp di seluruh dunia tengah dihebohkan dengan adanya celah keamanan dalam platform pesan instan milik Facebook tersebut. Financial Times melaporkan bahwa fitur WhatsApp Call bisa disusupi spyware asal Israel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)