SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa

Selasa, 13 November 2018 15:00 by noudi0501 | 1636 hits
Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Bulan November ini kita sudah disambut oleh musim hujan. Sebagian orang menganggap hujan bisa memberikan efek suasana yang lebih romantis ataupun puitis.

Tetapi, sebenarnya hujan bisa memberi efek menenangkan. Pada orang yang mengalami depresi ringan, mendengarkan rintik hujan yang turun bisa memberi rasa tenang.

"Hujan memiliki pola yang diprediksi. Otak kita akan memprosesnya sebagai suara yang tidak mengancam dan efeknya membuat tenang," kata Emily Mendez, psikolog yang banyak menangani kasus depresi ini.

Baca juga: Benarkah Hujan yang Sebenarnya Membuat Kita Sering Jatuh Sakit?

Itu mungkin sebabnya banyak video atau rekaman untuk meditasi dan rileksasi menggunakan latar belakang suara hujan. Sebuah perusahaan juga mengeluarkan inovasi terapi tidur dengan rekaman suara bernada tinggi dan rendah yang mirip suara air turun.

Penelitian menunjukkan, suara seperti hujan itu bisa meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi kompleksitas gelombang otak.

Teori lain mengapa hujan bisa memberi emosi positif yang kuat adalah karena indera penciuman kita berinteraksi dengan memori. Mereka yang mencintai hujan biasanya memiliki perasaan yang positif dengan masa lalunya.

(nou)

  • HOT !
    Apple diketahui telah mendaftarkan sejumlah perangkat terbarunya di Eurasian Economic Community (EEC). Meski waktu peluncurannya masih belum diketahui, namun ponsel baru Apple tersebut akan hadir di tahun ini....
  • HOT !
      Asupan cairan yang berkurang saat menjalankan ibadah puasa mengakibatkan mengakibatkan kulit menjadi lebih kering. Dehidrasi seperti ini biasanya langsung tercermin pada kondisi bibir yang mengalami kering dan pecah pecah....
  • HOT !
    Pengguna WhatsApp di seluruh dunia tengah dihebohkan dengan adanya celah keamanan dalam platform pesan instan milik Facebook tersebut. Financial Times melaporkan bahwa fitur WhatsApp Call bisa disusupi spyware asal Israel....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : siwon, yoora ,onew, luhan, kang minhyuk & All Artist SMEnt.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)