SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa

Selasa, 13 November 2018 15:00 by noudi0501 | 1680 hits
Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Bulan November ini kita sudah disambut oleh musim hujan. Sebagian orang menganggap hujan bisa memberikan efek suasana yang lebih romantis ataupun puitis.

Tetapi, sebenarnya hujan bisa memberi efek menenangkan. Pada orang yang mengalami depresi ringan, mendengarkan rintik hujan yang turun bisa memberi rasa tenang.

"Hujan memiliki pola yang diprediksi. Otak kita akan memprosesnya sebagai suara yang tidak mengancam dan efeknya membuat tenang," kata Emily Mendez, psikolog yang banyak menangani kasus depresi ini.

Baca juga: Ini Asal-Usul Munculnya Bau Hujan yang Dianggap Menenangkan

Itu mungkin sebabnya banyak video atau rekaman untuk meditasi dan rileksasi menggunakan latar belakang suara hujan. Sebuah perusahaan juga mengeluarkan inovasi terapi tidur dengan rekaman suara bernada tinggi dan rendah yang mirip suara air turun.

Penelitian menunjukkan, suara seperti hujan itu bisa meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi kompleksitas gelombang otak.

Teori lain mengapa hujan bisa memberi emosi positif yang kuat adalah karena indera penciuman kita berinteraksi dengan memori. Mereka yang mencintai hujan biasanya memiliki perasaan yang positif dengan masa lalunya.

(nou)

Komentar
  • HOT !
    Negara Jepang memang selalu memiliki keunikan sendiri, dimulai dari teknologi, makanan, tempat tempat wisata, hingga penginapan. Salah satunya sebuah penginapan yang terletak di kota Osaka, Jepang....
  • HOT !
    Bagi kalian yang sudah mengenal Korea Selatan pasti mengetahui gedung futuristik bernama Dongdaemun Design Plaza atau DDP. Khusus di bulan Desember ini, akan ada acara berjudul SEOUL LIGHT yang menarik untuk dikunjungi....
  • HOT !
    Puteri Indonesia 2019 Frederika Alexis Cull mencetak sejarah baru di ajang Miss Universe 2019. Frederika menjadi perwakilan Indonesia pertama yang berhasil tembus 10 besar sejak kontes kecantikan dunia itu diadakan 67 tahun lalu....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : Jill, Sehun, Ibu dan Mama.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)