SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa

Selasa, 13 November 2018 15:00 by noudi0501 | 1582 hits
Ternyata Faktanya Suara Rintik Hujan Bisa Tenangkan Jiwa
Image source: Kompas.com

DREAMERS.ID - Bulan November ini kita sudah disambut oleh musim hujan. Sebagian orang menganggap hujan bisa memberikan efek suasana yang lebih romantis ataupun puitis.

Tetapi, sebenarnya hujan bisa memberi efek menenangkan. Pada orang yang mengalami depresi ringan, mendengarkan rintik hujan yang turun bisa memberi rasa tenang.

"Hujan memiliki pola yang diprediksi. Otak kita akan memprosesnya sebagai suara yang tidak mengancam dan efeknya membuat tenang," kata Emily Mendez, psikolog yang banyak menangani kasus depresi ini.

Baca juga: Benarkah Hujan yang Sebenarnya Membuat Kita Sering Jatuh Sakit?

Itu mungkin sebabnya banyak video atau rekaman untuk meditasi dan rileksasi menggunakan latar belakang suara hujan. Sebuah perusahaan juga mengeluarkan inovasi terapi tidur dengan rekaman suara bernada tinggi dan rendah yang mirip suara air turun.

Penelitian menunjukkan, suara seperti hujan itu bisa meningkatkan kualitas tidur dengan mengurangi kompleksitas gelombang otak.

Teori lain mengapa hujan bisa memberi emosi positif yang kuat adalah karena indera penciuman kita berinteraksi dengan memori. Mereka yang mencintai hujan biasanya memiliki perasaan yang positif dengan masa lalunya.

(nou)

  • HOT !
    Pesona kecantikan Irene tidak hanya mampu menghipnotis para penggemar idola K Pop saja, melainkan juga brand brand mewah untuk menjadikannya sebagai model atau brand ambassador, salah satunya adalah brand perhiasan mewah asal Italia, DAMIANI....
  • HOT !
    Stasiun Televisi Iran membatalkan siaran langsung duel dua tim Bundesliga, Bayern Munich dan Augsburg. Sebab laga tersebut dipimpin oleh wasit perempuan, Bibiana Steinhaus....
  • HOT !
    Banyak orang yang beranggapan jika sarapan dapat menunjang kemampuan otak dan memicu kecerdasan. Namun rupanya makan siang tak kalah penting bagi kecerdasan otak terutama anak anak, berdasarkan sebuah penelitian di India....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : amalamal
Cast : Kris, Sarah

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)