SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Mengenal 'Eustress', Jenis Stres Positif dan Cara Mendapatkannya

Rabu, 24 Oktober 2018 11:45 by zia92 | 6472 hits
Mengenal 'Eustress', Jenis Stres Positif dan Cara Mendapatkannya
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Stres atau perasaan tertekan selama ini dipandang sebagai suatu kondisi yang negatif karena membuat tubuh dan pikiran tidak sehat. Namun ternyata ada jenis stres yang dianggap positif dan memberikan dampak baik pada kesehatan, yang disebut ‘Eustress’.

Menurut Allison Task, penulis buku ‘Personal (R)evolution: How to Be Happy, Change Your Life, and Do That Thing You’ve Always Wanted to Do’, eustress berasal dari bahasa Yunani. Eu adalah akar kata Yunani yang berarti "baik”, seperti dalam kata euforia dan eufemisme. Jadi jika menggabungkan kedua bagian kata eu dan stress, kita akan mendapatkan jenis stres yang positif.

“Eustress sebenarnya baik untuk Anda. Jenis stres ini akan membuat Anda waspada, mempersiapkan Anda untuk melakukan yang terbaik,” tulis Allison dalam mindbodygreen mengutip Woman Talk. Jenis eustress, bisa dikategorikan sebagai perasaan gugup sebelum wawancara kerja, sebelum mengajak seseorang berkencan, dan hari pertama bekerja atau bepergian ke negara baru.

Baca juga: Ternyata 5 Makanan Sehat Ini Malah Bikin Diet Gagal

Allison mengatakan kalau eustress ini sebenarnya dialami semua orang. Misalnya, saat kita merasakan stres karena sesuatu yang penting akan terjadi, tanyakan pada diri sendiri, “Bagaimana kau mengalihkan stres menjadi eustress?”

“Saat mengandung putriku, aku secara aktif bekerja untuk mengubah stres atas kelahiran yang akan datang menjadi energi positif. Kehamilan pertamaku menimbulkan banyak komplikasi daripada yang aku duga, dan untuk kehamilan kedua aku secara aktif mempersiapkan diri dengan banyak membaca dan lainnya. Jadi, ketika proses kelahiran itu terjadi, putriku lahir dengan lancar,” ujar Allison.

Dari pengalaman Allison, dapat dipelajari bahwa stres terkait dengan peristiwa tertentu bisa menjadi tanda yang baik. Namun alih-alih membiarkan kecemasan menguasai diri, kita dapat belajar mengubahnya menjadi eustress. Dalam artian, kita bisa menggunakannya sebagai persiapan untuk melakukan hal yang lebih baik dan berlawanan dari kekhawatiran terburuk.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Kabar terbakarnya gedung studio animasi Kyoto Animation atau KyoAni di Jepang menuai duka dari masyarakat dunia, terutama pecinta anime. Karena perlu diketahui dan mungkin tidak disadari, studio animasi ini memang menelurkan banyak judul dan karya terkenal....
  • HOT !
    Pecinta bubble tea nampaknya harus mulai mengurangi konsumsi minuman ini. Boba atau bola tapioka yang dijadikan tambahan dalam berbagai jenis minuman dan makanan yang populer ini punya kandungan gula yang tinggi dan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan....
  • HOT !
    Perangkat terbaru Realme X siap diboyong ke Indonesia pada 25 Juli mendatang. Sebelumnya, perangkat ini telah dipamerkan di Beijing, China pada 15 lalu. Tak hanya varian reguler, Realme juga memastikan kehadiran edisi khusus Realme X Spider Man: Far From Home untuk penggemar karakter superhero tersebut di tanah air....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : IkaaWulandari
Cast : Reina Lee (OC), EXO, Kim Myung Soo (Infinite), Jonghyun (CNBlue), Heechul (Super Junior), Kpop Idol

FORUM

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)