SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aplikasi Google Ini Diam-diam Sedot Data Hingga Puluhan Giga Meski Tak Dipakai

Rabu, 24 Oktober 2018 10:30 by zia92 | 34841 hits
Aplikasi Google Ini Diam-diam Sedot Data Hingga Puluhan Giga Meski Tak Dipakai
Image source: CNET

DREAMERS.ID - Pengguna layanan Google News di perangkat Android mengeluhkan bahwa aplikasi tersebut menyedot data atau kuota ineternet di background secara berlebihan.  Berdasarkan laporan di Google News Help Forum, masalah ini sudah dialami pengguna sejak awal Juni. 

Beberapa pengguna mengakui akibat penggunaan data berlebihan ini, mereka harus membayar biaya tambahan dari Rp1 juta hingga Rp5,8 juta. Mereka mengklaim bahwa aplikasi ini menggunakan data background yang sangat besar. Dalam semalam, dilaporkan Google News bisa memakan 12 GB.

Google News disinyalir memakan kuota pengguna meskipun aplikasi sedang tidak dibuka. Google pada bulan September mengklaim masalah ini akan ditangani oleh tim. Sejauh ini, Google menyatakan perusahaan sedang menyelidiki dan berupaya memperbaiki, tapi ternyata masalah ini terus berlanjut. 

Baca juga: Google Ungkap Nama Resmi Android Q, Tak Lagi Pakai Nama Dessert

"Aplikasi Google News secara acak menggunakan jumlah data latar yang konyol tanpa sepengetahuan pengguna. Aplikasi ini membakar lebih dari 12 GB data di ponsel saya ketika saya tidur dan Wi-Fi saya telah terputus. Ini menyebabkan biaya tambahan sebesar US$ 75," kata pembaca tersebut kepada The Verge.

Melansir dari CNN, pengguna lainnya juga mengakui kuota tetap berkurang padahal di pengaturan telah dihidupkan pilihan "mengatur melalui WiFi".  Dalam beberapa kasus yang lebih parah, Google News memakan data sebesar 24 GB sehingga menyebabkan biaya sebesar US$ 385.

Sejauh ini satu-satunya solusi untuk menghindari pembakaran data adalah dengan mematikan background data. Namun solusi ini tidak efektif karena pengguna bisa-bisa tidak mendapatkan notifikasi dari aplikasi lainnya. Jadi, jika memang sama sekali tidak digunakan, baiknya menghapus Google News dari ponsel.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Sepertinya Indonesia serius untuk memasuki era baru otomotif yaitu mobil listrik. Selain pemerintah yang sudah mengembangkan mobil listrik, perusahaan taksi Blue Bird Group juga sudah mulai mencoba menggunakan mobil ramah lingkungan tersebut....
  • HOT !
    Jika selama ini destinasi wisata paling terkenal di Indonesia masih dipegang oleh pulau Dewata, Bali. Kabarnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mulai menata Kawasan Kabupaten Pangandaran untuk dijadikan destinasi wisata kelas dunia....
  • HOT !
    Menemukan skincare yang tepat mungkin adalah sesuatu yang cukup sulit didapatkan bagi kamu yang memiliki kulit wajah sensitif. Pemilik kulit sensitif biasanya sangat rentan terhadap beberapa jenis skincare, yang jika salah memilih, maka akan menyebabkan gatal, terbakar, kering, dan kemerahan pada kulit wajah. CEO Harlette Beauty, Valencia Nathania mempunyai kondisi kulit yang sensitif. Ia kemudian berbagi tips untuk memilih skincare bagi pemilik kulit sensitif. Menurutnya, ketika jerawat sedang parah hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab jerawat tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : StrongBaby
Cast : -Amber Josephine Lu f(x) -Lee Seunghyun Bigbang -Lee Gikwang B2ST -Son Dongwoon B2ST -Lot Of Cameo

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)