home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Aplikasi Google Ini Diam-diam Sedot Data Hingga Puluhan Giga Meski Tak Dipakai

Rabu, 24 Oktober 2018 10:30 by fzhchyn | 34948 hits
Aplikasi Google Ini Diam-diam Sedot Data Hingga Puluhan Giga Meski Tak Dipakai
Image source: CNET

DREAMERS.ID - Pengguna layanan Google News di perangkat Android mengeluhkan bahwa aplikasi tersebut menyedot data atau kuota ineternet di background secara berlebihan.  Berdasarkan laporan di Google News Help Forum, masalah ini sudah dialami pengguna sejak awal Juni. 

Beberapa pengguna mengakui akibat penggunaan data berlebihan ini, mereka harus membayar biaya tambahan dari Rp1 juta hingga Rp5,8 juta. Mereka mengklaim bahwa aplikasi ini menggunakan data background yang sangat besar. Dalam semalam, dilaporkan Google News bisa memakan 12 GB.

Google News disinyalir memakan kuota pengguna meskipun aplikasi sedang tidak dibuka. Google pada bulan September mengklaim masalah ini akan ditangani oleh tim. Sejauh ini, Google menyatakan perusahaan sedang menyelidiki dan berupaya memperbaiki, tapi ternyata masalah ini terus berlanjut. 

Baca juga: Bocorkan Data Pengguna, Facebook dan Netflix Didenda 82,5 Miliar Oleh Korea Selatan

"Aplikasi Google News secara acak menggunakan jumlah data latar yang konyol tanpa sepengetahuan pengguna. Aplikasi ini membakar lebih dari 12 GB data di ponsel saya ketika saya tidur dan Wi-Fi saya telah terputus. Ini menyebabkan biaya tambahan sebesar US$ 75," kata pembaca tersebut kepada The Verge.

Melansir dari CNN, pengguna lainnya juga mengakui kuota tetap berkurang padahal di pengaturan telah dihidupkan pilihan "mengatur melalui WiFi".  Dalam beberapa kasus yang lebih parah, Google News memakan data sebesar 24 GB sehingga menyebabkan biaya sebesar US$ 385.

Sejauh ini satu-satunya solusi untuk menghindari pembakaran data adalah dengan mematikan background data. Namun solusi ini tidak efektif karena pengguna bisa-bisa tidak mendapatkan notifikasi dari aplikasi lainnya. Jadi, jika memang sama sekali tidak digunakan, baiknya menghapus Google News dari ponsel.

(fzh)

Komentar
  • HOT !
    Rexona meluncurkan inovasi terbarunya, Rexona Vitamin+Bright yang tidak hanya memberikan perlindungan terbaik dari keringat ataupun bau badan sekaligus mencerahkan kulit ketiak, namun juga mendukung perempuan Indonesia untuk terus bergerak aktif penuh percaya diri....
  • HOT !
    Final DREAMERS RADIO DJ HUNT 2024 telah sukses digelar! Sebuah ajang audisi untuk mencari DJ (Dreamers Jockey) atau penyiar radio ini berlangsung di Boxies 123 Mall, Bogor pada 9 Maret lalu....
  • HOT !
    Pada 18 Februari lalu, salah satu idol J Pop Aurora Dream menggelar acara ‘Our Dream Fest’ dalam rangka mendebutkan member generasu kedua sekaligus kelulusan member generasi pertama....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)