SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Bisa Cepat Lapar, Apa Ya Penyebabnya?

Sabtu, 06 Oktober 2018 11:09 by noudi0501 | 2477 hits
Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula Bisa Cepat Lapar, Apa Ya Penyebabnya?
Image source: kompas.com

DREAMERS.ID - Makanan dan minuman manis memang enak di lidah. Sayangnya, kebanyakan mengonsumsi makanan dan minuman manis bisa berdampak buruk pada angka timbangan berat badan.

Bukan cuma tinggi kalorinya, ternyata makanan dan minuman manis akan membuat kita jadi lapar terus dan akhirnya makan lagi. 

Apa penyebabnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, seorang ahli gizi sekaligus Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof. Dr. Ir. Ali Khomsan, MS pun angkat bicara.

“Ternyata ketika kita makan (makanan dan minuman yang mengandung) gula, tubuh akan menekan hormon leptin. Ketika hormon leptin itu ditekan, maka sebenarnya dia menghentikan rasa kenyang di dalam tubuh kita. Sehingga seolah-olah rasanya kita lapar terus,” papar Prof. 

Dilansir dari laman kompas.com, Ali Khomsan ketika ditemui di Hotel Fairmont Senayan, Jakarta Pusat pada Rabu (3/10). Leptin adalah hormon dalam darah yang akan berjalan menuju otak. 

Baca juga: Ada dan Diteliti, Wajarkah Jika Miliki Phobia Pada Boneka?

Tugasnya yaitu memberi tahu otak bahwa tubuh sudah mendapatkan nutrisi dan sumber energi yang cukup. Dengan kata lain, leptin berfungsi untuk mengirimkan sinyal pada otak bahwa kita sudah kenyang.

Itulah mengapa setelah makan makanan manis, nanti perut akan merasa lapar lagi. Lebih jauh, Prof. Ali Khomsan juga mengatakan bahwa hal itulah yang membuat orang jadi ngemil semakin banyak.

“Ini karena perut kita seolah-olah tidak ada remnya yang mengatakan bahwa kita sebenarnya sudah cukup kenyang,” ujar Prof. Ali Khomsan.

Bila ini terus-terusan terjadi, yaitu ngemil dan makan tanpa henti, risiko obesitas atau kegemukan pun bisa menghantui siapa saja. Obesitas sendiri adalah pencetus dari berbagai penyakit kronis. Mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga stroke.

(nou)

  • HOT !
    Boneka dengan rupa anak perempuan, berambut panjang, bulu mata lentik, dan bibir tersenyum, ternyata bisa membuat banyak orang takut....
  • HOT !
    Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang berasal dari Korea Selatan. tayangan K Drama seringkali menghipnotis para penonton sehingga ingin mencoba kuliner khas dari Negeri Ginseng ini, apalagi jajanan khas kaki lima atau street food yang ada di sana....
  • HOT !
    Beberapa tahun yang lalu, praktik bedah atau operasi plastik (oplas) mungkin masih tabu di kalangan masyarakat, termasuk di Indonesia. Namun saat ini sudah banyak orang yang buka bukaan melakukan prosedur kecantikan ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : riyanidirgaajeng
Cast : Yonghwa, Jonghyun, Minhyuk, Jungshin

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)