SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Inilah Perbedaan Antara e-Tilang dan e-TLE yang akan Diterapkan di Jakarta

Minggu, 23 September 2018 09:00 by dian97 | 2262 hits
Inilah Perbedaan Antara e-Tilang dan e-TLE yang akan Diterapkan di Jakarta
Image source : Metro.tempo.com

DREAMERS.ID - Penerapan tilang elektronik di DKI Jakarta di mulai Oktober 2018 di sejumlah ruas jalan di Jakarta. Sistem tilang ini menggunakan kamera yang disebut era atau disebut electronic traffic law enforcement (e-TLE), ternyata berbeda dengan tilang elenktronik (e-tilang).

E-TLE lebih menggunakan teknologi yang mutakhir, jadi sistem yang proses penilangannya tidal dilakukan oleh petugas dilapangan, namun menggunakan CCTV. Pada sistem e-TLE lokasi terpasangnya kamera CCTV yang terpantau dalam 24 jam untuk merekam segala jenis pelanggaran yang terjadi.

Hasil rekaman tersebut dijadikan bukti, lalu nomor polisi kendaraan yang melanggar akan dicocokan degan data di Polda Metro Jaya berdasarkan STNK. Jika terbukti bersalah polisi akan mengirimkan berkas yang berisi barang bukti berupa hasil gambar rekaman CCTV dan surat tilang ke alamat yang ada di STNK.

Polisi memberikan waktu selama 14 hari untuk melakukan pembayaran denda tersebut. Pada uji coba Oktober nanti, Polda Metro Jaya menghimbau kepada masyarakat untuk mencantumkan nomor telepon dan almat email pada saat pembayaran pajak tahuanan maupun pada saat msayarakat membeli kendaraan baru.

Sedangkan e-Tilang, menggunakan sistem yang sudah berlaku secara nasional. Sistem ini dikenal dengan pengganti slip tilang merah yang biasa dibawa oleh polisi saat menilang di jalan raya.

Dilansir dari CNNIndonesia, Misal ada seorang pengendara yang menerobos lampu merah. Oleh petugas, jenis pelanggarannya akan dimasukan ke dalam aplikasi hingga muncul nomor akun dan penjelasan berapa denda yang harus dibayarkan. 

Nantinya pengendara akan diberikan nomor akun tersebut agar dapat melunasi denda ke bank yang sudah tertera. Di sistem e-Tilang ini polisi masih menahan barang bukti seperti SIM atau STNK. Aplikasi akan memberikan pemberitahuan kepada petugas melalui tanda merah dan hijau.

Tanda merah menandakan pelanggar belum membayarkan denda. Sedangkan tenda hijau menandakan pelanggar sudah melunasi denda terebut dan pelanggar juga dapat mengambil kembali barang bukti yang ditahan oleh petugas.

(fdc)

  • HOT !
    Menyimpan makanan di kulkas seringkali dilakukan dalam wadah tertutup. Baik itu sisa makanan, atau lauk pauk yang masih ingin dimakan setelah dihangatkan. Karena memang menyimpan makanan di kulkas akan membuatnya bertahan lebih lama....
  • HOT !
    Blazer tak hanya identik dengan pria. Belakangan blazer sering dipakai wanita tak hanya untuk gaya yang formal namun juga casual. Blazer pun mudah dipadukan dengan dalaman dan bawahan apa saja. Rupanya gaya dengan blazer dipilih aktris Tessa Thompson untuk menghadiri MTV Movie & TV Awards 2019 pada Sabtu (15/6)....
  • HOT !
    Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana menurunkan tarif jarak dekat (flag fall) ojek online (ojol) dan melarang penerapan diskon untuk semua jenis transportasi online, baik untuk jenis taksi online maupun ojol. Namun kemenhub akhirnya membatalkan rencana tersebut....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : NWicahya
Cast : Marsha Cahya (OC), D O EXO , Lu Han, Jungshin CN Blue, Kim Wobin.

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)