SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Melalui Satelit Exoplanet, NASA Kembali Temukan Dua Planet Baru!

Sabtu, 22 September 2018 22:52 by dian97 | 1958 hits
Melalui Satelit Exoplanet, NASA Kembali Temukan Dua Planet Baru!
Image source : Tribunnews.com

DREAMERS.ID - NASA kembali temukan dua planet baru melalui teleskopnya yang sudah lima bulan berarda di luar angkasa.

Dilansir dari CNNIndonesia dari laman Reuters, sebuah teleskop orbital berburu planet yang dirancang untuk mendeteksi dunia di luar tata surya telah menemukan planet baru. Penemuan ini terjadi setelah lima bulan peluncurannya dari Cape Canaveral, Florida.

NASA Transiting Exoplanet Survey Satellite atau yang lebih dikenal dengan TESS ini telah menemukan planet ‘Bumi-super’ dan planet ‘Bumi-panas’ di tata surya sekitar 49 tahun cahaya.

Hasil temuan TESS ini membuat Wakil Direktur Sains TESS Sara mengatakan dua planet baru tersebut dinilai telalu panas untuk dihuni. Namun ia juga mengharapkan jika TESS mampu memberikan penemuan jenis planet baru terkait exoplanet.

"Kami harus menunggu dan melihat apa lagi yang ditemukan TESS," kata Seager kepada Reuters.

"Kami tahu bahwa planet-planet ada di luar sana, mengotori langit malam, hanya menunggu untuk ditemukan." Tambah Seager.

Dilansir dari CNNIndonesia, TESS dirancang untuk melanjutkan karya pendahulunya, teleskop ruang angkasa Kepler, yang menemukan sebagian besar dari 3.700 eksoplanet yang didokumentasikan selama 20 tahun terakhir. Dengan empat kamera khusus, TESS menggunakan metode deteksi yang disebut fotometri transit

TESS yang memiliki dua tahun misi dengan dana sekitar US$337 juta dinilai dapat memperluas katalog exoplanet, yakni sebuah 'dunia baru' yang mengelilingi bintang jatuh.

Malalui TESS para ilmuan berharap bila TESS bisa membatu katalog setidaknya 100 planet ekstrasurya lebih berbatu untuk studi lebih lanjut dalam apa yang telah menjadi salah satu bidang eksplorasi terbaru astronomi.

(fdc)

  • HOT !
    Tak hanya film, musik mau pun talenta talenta berbakat yang direkap di masa penghujung tahun ini mengenai siapa yang terbaik. Namun dunia video game juga menantikan jawaranya dengan pertimbangan beberapa penilaian....
  • HOT !
    Menyambut penutupan tahun 2018, Twitter Indonesia baru saja merilis daftar akun maupun topik yang ‘Rame di Twitter’ tanah air selama setahun terakhir. Twitter Indonesia mengungkapkan bahwa tahun ini pengguna menunjukkan ketertarikan yang beragam....
  • HOT !
    Zara kini tak hanya menghadirkan busana atau sepatu saja. Pilihannya pun jadi lebih beragam karena brand fashion high street asal Spanyol itu kini merilis kosmetik. Untuk pertama kalinya Zara terjun di industri makeup. Koleksi kosmetik pertamanya adalah lipstik yang rilis pada 5 Desember ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : meditavs
Cast : Kim Jonghyun,A

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)