home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Wow, NASA Kembali Temukan Planet Baru yang Dinilai Layak Untuk Dihuni

Selasa, 18 September 2018 10:00 by dian97 | 4115 hits
Wow, NASA Kembali Temukan Planet Baru yang Dinilai Layak Untuk Dihuni
Image source : Detik.com

DREAMERS.ID - National Aeronautics and Space Administration atau NASA kembali menemukan penemuan baru yang menunjukkan bahwa salah satu exoplanet terdekat dari Bumi memiliki sumber air. Hal ini menunjukan bila exoplanet tersebut memuhi salah satu syarat untuk adanya kehidupan didalamnya.

Sesungguhnya penemuan ini sudah ditemukan pada Agustus 2016 lalu. Exoplanet ini merupakan planet berbatu yang memiliki massa 1,3 kali lebih besar dari Bumi. Exoplanet tersebut bernama Proxima Centauri B.

Para peneliti NASA melakukan observas secara mendalam untuk memecahkan hipotetisnya. Sehingga lewat penelitian tersebut para peneliti mengatakan bila Proxima Centauri B ini diprediksi dapat mempertahankan keberadaan sumber air berbentuk cairan di atas permukaannya.

Hal ini merupakan kabar baik jika planet tersebut memenuhi salah satu syarat sebagai planet yang bisa dihuni.

Baca juga: NASA Mengatakan Masih Ada 300 Juta Planet Yang Bisa Dihuni Oleh Manusia

"Pesan utama dari simulasi yang kami lakukan adalah terdapat peluang yang baik bagi planet tersebut untuk bisa dihuni," ujar Anthony Del Genio, ilmuwan dari NASA Goddard Institute of Space Studies yang memimpin penelitian tersebut mengkutip detikINET.

Penelitian ini juga menduga, selain memiliki air yang berbentuk caira di permukaannya, Exoplanet ini juga berada di zona layak huni berdasarkan posisinya terhadap planet yang diorbitnya.

Bintang itu bernama Proxima Centauri, yang berada 4,2 tahun cahaya dari Bumi. Meski jarak dengan bintang yang diorbitnya dianggap terlalu sekat, hal ini membuatnya mendapat gaya Tarik yang terlalu besar, mengutip dari detikINET dari laman Live Science, Senin (17/9/2018).

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : AdeLululu
Cast : Lay EXO , Kim Vanyiake (FC) , Eunji A-Pink , Ryeowook SJ , Suho EXO, Jung Rachel, EXO, A-Pink

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)