SIGN IN
SIGN UP
Press Esc to close
Press Esc to close
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Simak Tips Agar Kebiasaan Minum Kopi Tak Buat Gigi Rusak

Minggu, 09 September 2018 15:50 by zia92 | 1502 hits
Simak Tips Agar Kebiasaan Minum Kopi Tak Buat Gigi Rusak
Image source: iStock

DREAMERS.ID - Di balik nikmatnya menyesap kopi dengan segala manfaat yang diberikan, seperti membuat segar dan terjaga hingga mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung, minuman ini tetap memiliki efek buruk. Salah satunya adalah menyebakan kerusakan gigi.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Ada banyak dokter yang juga tidak bisa hidup tanpa kopi, termasuk dokter gigi. Namun hebatnya, mereka tahu cara jitu untuk cegah gigi rusak akibat terlalu sering mengonsumsi minuman berkafein ini. Berikut adalah beberapa diantaranya mengutip laman Woman Talk.

1. Sikat gigi dua kali sehari

Mungkin hal ini sudah sering diterapkan, tetapi banyak juga yang tidak melakukannya. Dr. Matthew Messina, DDS, penasihat konsumen untuk American Dental Association dan asisten profesor di The Ohio State University College of Dentistry, menyarankan untuk tidak pernah lupa gosok gigi dua kali sehari, pagi dan malam.

Bahkan lebih baik lagi jika gosok gigi dilakukan usai tegukan terkahir kopi habis. Jangan lupa juga untuk memakai dental floss minimal satu kali sehari untuk menghilangkan plak, penyebab umum noda gigi.

2. Langsung minum air putih

Cara terbaik lainnya untuk cegah noda pada gigi usai menggosok gigi adalah minum segelas air putih setelah menegak segelas kopi. "Jika Anda tidak bisa sikat gigi, berkumurlah dengan air atau minum segelas air biasa, itu akan membantu mengeluarkan bakteri dari permukaan dari gigi," kata Dr. Matthew.

3. Jangan didiamkan dalam mulut

Dr. Alice Boghosian, DDS, juru bicara ADA dan instruktur klinis di University of Illinois di Chicago College of Dentistry menjaga giginya tetap putih dengan memastikan dia langsung meneguk kopi miliknya, dan tidak membiarkannya terkumpul di dalam mulut.

4. Gunakan sedotan

Dr. Alice juga menyarankan untuk meminum kopi menggunakan sedotan. Dengan begitu, kopi akan langsung terhantar ke tenggorokan tanpa melewati gigi. Disarankan sebaiknya tidak menggunakan sedotan plastik supaya lebih ramah lingkungan. Ganti sedotan Anda dengan sedotan stainless atau yang terbuat dari bambu.

5. Jangan tambahkan gula

Gaya minum kopi tiap orang berbeda-beda. Ada yang senang kopi pahit, dengan creamer, atau dengan tambahan gula atau karamel. Namun, Dr. Matthew menyarankan sebaiknya untuk tidak memakai gula dalam kopi. Sebab gula memiliki kecenderungan untuk menempel ke gigi dengan sangat mudah. Jadi, nikmati kopi tanpa gula, atau mulai kurangi sedikit demi sedikit penggunaannya.

(fzh)

  • HOT !
    Ada orang yang makan banyak tapi memiliki badan yang tetap kurus. Jika kamu termasuk golongan itu, jangan merasa minder karena dianggap ‘cacingan’ atau merasa ada yang salah dalam tubuh, karena menurut sebuah penelitian, kurus memang dipicu oleh faktor genetik....
  • HOT !
    Ajang Mobile World Congress 2019 akan berlangsung di Barcelona mulai 25 Februari mendatang. Banyak vendor smartphone yang bakal memamerkan inovasi terbaru dalam perangkan besutan mereka, termasuk Oppo....
  • HOT !
    Untuk para pencinta Instagram, tahun ini platform berbagi foto dan video tersebut akan menambahkan stiker baru selain yang sudah ada, seperti stiker lokasi dan pertanyaan dalam video Instagram Stories. Menariknya, pengguna bisa sekaligus beramal dengan stiker baru ini....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : princextaro
Cast : Sehun ; Seulgi

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)