home_icon
SIGN IN
SIGN UP
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda
Portal Berita - Radio Streaming - Komunitas Anak Muda

Canggih! Perpustakaan Newyork Hadirkan Konsep Baru yang Menggambungkan Novel dan Insta Story

Senin, 27 Agustus 2018 10:19 by dian97 | 847 hits
Canggih! Perpustakaan Newyork Hadirkan Konsep Baru yang Menggambungkan Novel dan Insta Story
Image source : Tipspintar.com

DREAMERS.ID - Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini hadir konsep baru bagi para pembaca. Perpustakaan umum New York atau New York Public Library (NYPL) menggabungkan novel klasik dengan fitur story milik Instagram.

Pergabungan tersebut resmi di rilis pada 21 Agustus 2018, dan diberi nama Insta Novel. Publik bisa mengakses cerita klasik tersebut secara gratis. Pada seri perdanannya, pihak perpustakaan membuat story yang berisikan cerita klasik karya Lewis Carrol yang berjudul Alice in Wonderland, yang kemudian diunggah si story dan kemudian disimpan di ‘Hightlight’ profil NYPL.

Bukan hanya sekedar mengunggah foto yang berisikan naskah novel, NYPL juga membuat cerita klasik tersebut menjadi video berfomat gif dengan tema yang dinamis dan juga nada yang sesuai dengan cerita.

karena layar hanya dapat menampung sekitar tiga hingga lima alinea, NYpl membuat cerita panjang novel klasik menjadi beberapa bagian mengutip bab dalam novel aslinya.

Baca juga: Viral Postingan Protes Tangis Bayi di Pesawat, Artis Ini Panen Kritikan

"Instagram tanpa sadar menciptakan 'rak buku' yang sempurna untuk jenis novel daring baru ini. Sejak Anda memulai membalikkan halaman, hingga ke posisi jempol Anda terdiam saat membacanya. Pengalaman itu sudah seperti Anda membaca novel biasanya," kata Corinna Falusi, partner and chief creative officer Mother, agensi yang bekerja sama menciptakan Insta Novel bersama NYPL dalam pernyataannya, mengkutip CNN Indonesia.


Image source: Wall Street Journal

"Kami harus mempromosikan nilai-nilai dari membaca, terutama dengan ancaman terhadap sistem pendidikan di Amerika saat ini," lanjutnya.

Menurunnya minat baca bukan hanya di Indonesia, NYPL juga mengakui bahwa merka kembali meningkatkan minat membaca di generasi pengguna teknologi digital merupakan tantangan tersendiri.

Pihak agensi dan perpustakaan berpikir keras untuk membuat desain Insta Story yang menarik dam memberikan kemudahan dalam membacanya.

"Desian spesifik Instagram mencakup gambar diam dan video yang mencermintakn tata letak unik karya aslinya. Latar belakangnya putih yang hangat sehingga memudahkan dalam membaca," kata Falusi.

Dilansir dari EW, Insta Novel ini disebut akan terus berjalan hingga beberapa bulan mendatang dengan menghadirkan sejumlah karya lainnya, seperti kisah pendek 'The Yellow Wallpaper' karya Charlotte Perkins Gilman.

(fdc)

Komentar
  • HOT !
    Danielle NewJeans telah ditunjuk sebagai global ambassador baru untuk merek fashion mewah Prancis Celine....
  • HOT !
    Ten menghadiri acara Paris Fashion Week untuk SAINT LAURENT MEN'S WINTER 24 SHOW yang diadakan di Bourse de Commerce di Paris, Prancis pada tanggal 5 Maret....
  • HOT !
    DREAMERS RADIO kembali mengadakan ‘DJ HUNT’, sebuah ajang audisi untuk mencari DJ atau penyiar radio berbakat di Indonesia! DJ HUNT 2024 gelombang pertama telah diselenggarakan pada 17 Februari lalu di Boxies 123 Mall di Bogor....

BERITA PILIHAN

FAN FICTION
OF THE WEEK
Writer : KaptenJe
Cast : •Je (aku) • Tata •Yossy •All member EXO

BERITA POPULER

 
 
 
^
close(x)